NEWS

Kapendam II Sriwijaya Gunakan Motor Susuri Jalanan Rumbia Lam-Teng

RADARMETRO.ID – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 Kodim 0411/KM dipantau langsung oleh Panglima Komando Daerah Militer atau Kapendam II Sriwijaya, Letnan Kav Rohyat Happy Ariyanto di Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Orang pemegang tongkat tertinggi TNI AD yang menaungi Provinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung itu menyisir lokasi pembangunan menggunakan roda dua bersama Danramil 411-08/Rumbia, Kapten Ctp Sujono dan Anggota Kodim 0411/KM, Rabu (11/5/2022).

Kepada radarmetro.id Kapendam II Sriwijaya yang bermarkas di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan tiba di lokasi guna memberikan stimulus agar program TMMD Ke-113 berjalan beriringan dengan masyarakat di bawah binaan Kodim 0411/KM.

“Ya hari ini kita secara langsung datang dari Palembang bersama Tim, turun ingin melihat seperti apa kondisi beberapa program TMMD yang saat ini dipusatkan di desa Bina Karya Buana, Kecamatan Lumbia Kabupaten Lampung Tengah,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Lampung Tengah, H Musa Ahmad meresmikan TMMD Ke-113 yang berlangsung di Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Dalam peresmian, juga diadakannya penandatanganan MOU bersama Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono.

“Program TNI manunggal membangun Desa (TMMD) adalah satu wujud operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu, Lintas sektoral antara TNI, POLRI, Kementerian / Lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainya yang dilaksanakan secara terintegritas bersama masyarakat dengan bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah demi lebih mensejahterakan masyarakat di daerah sasaran TMMD, serta sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” kata Letkol Inf Sihono saat dikonfirmasi radarmetro.id saat berada di lokasi peresmian.

Ia turut mengutarakan tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah.

“TMMD Ke-113 ini dilaksanakan secara swakelola dari Pemda Lamteng kepada Kodim 0411/KM, meliputi sasaran fisik dan sasaran non fisik. Pada hari ini juga di wilayah-wilayah lainnya secara serentak memulai kegiatan TMMD Ke-113 Tahun 2022 dengan Tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI, Semoga apa yang kita rencanakan mendapat barokah dan memberi manfaat bagi kita semua,” bebernya.

Menurut data yang dihimpun radarmetro.id program TMMD Ke-113 Tahun 2022 dilaksanakan oleh Kodim 0411/KM dengan Komposisi Pasukan Satuan Tugas yang terdiri dari unsur TNI (AD, AL, AU), POLRI dan Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Lamteng.

Berikut sasaran pembangunan fisik Kampung Bina Karya Buana diantaranya, Telford/Perkerasan Jalan 1.820 M x 2,5 M, Pembuatan Badan Jalan 1.000 M x 6 M, Pembuatan Badan Jalan 900 M x 6 M dan Pembuatan Badan Jalan 330 M x 6 M. Di Kampung Restu Buana sasaran fisik berupa Telford/ Perkerasan Jalan 2.500 M x 2,5 M, Pembuatan Badan Jalan 1.500 M x 6 M dan Pembuatan Gorong-gorong 1 Unit 5 M x 0.5 M x 0,5 M.

Selanjutnya, untuk sasaran yang berupa pembangunan non fisik Kampung Bina Karya Buana, yakni berupa pembinaan dan penguatan karakter kebangsaan masyarakat. Diantaranya, Sosialisasi Stunting, Sosialisasi Posyandu, Sosialisasi Poswindu, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara dan Penyuluhan Pos Kamling.
(Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button