NEWS

Kampung Literasi Metro Bawa Pulang Ilmu Management Perpustakaan

RADARMETRO.ID – Dalam upaya meningkatkan kompetensi serta tata kelola perpustakaan komunitas literasi di Indonesia, Pemerintah Pusat mengadakan Pengelolaan Buku dan Perpustakaan Komunitas Literasi di Provinsi Lampung.

Kota Metro yang disebut juga Kota Pendidikan, melalui komunitas Kampung Literasi Kota Metro turut ambil peran sebagai peserta dalam Pelatihan Manajemen Pengelolaan Buku dan Perpustakaan Komunitas Literasi Se-provinsi Lampung.

“Program ini sangat bermanfaat sekali, karena baru Pertama dan Mengerti tata cara manajemen Perpustakaan, seyogyanya bagi pengelola TBM dan Rumah Baca bisa memberikan Pelayanan yang sama seperti Tata kelola buku seperti ini,” Kata Amin saat dikonfirmasi radarmetro.id pasca mengikuti pelatihan tersebut, Sabtu (21/5/2022).

Menurut keterangan Amin, penggiat literasi di Kabupaten/Kota sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Terbukti sebanyak 30 peserta yang mewakili 15 penggiat literasi di Taman Baca Masyarakat (TBM) dari Kabupaten/Kota, Provinsi Lampung turut hadir dalam pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Grand Praba Bandar Lampung.

“Selama tiga hari, dari tanggal 17 sampai 19 Mei 2022 di Hotel Grand Praba Bandar Lampung. Peserta ada 30 orang yang mewakili TBM dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,” terangnya.

Lebih lanjut, Amin menerangkan, Pelatihan Manajemen Pengelolaan Buku dan Perpustakaan Komunitas Literasi se-Provinsi Lampung diadakan oleh Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Provinsi Lampung yang dinaungi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Kegiatan dibuka langsung oleh Yudo Suryo Hapsoro selaku ketua pelaksana program pelatihan dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Dilanjutkan penyampaian materi, diawali Pengenalan Perpustakaan Modern oleh Eni Amaliah, Kaprodi Ilmu Perpustakaan Fakuktas Adab Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Materi selanjutnya terkait Standar Pelayanan dan Pemeliharaan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung. Yang terakhir para penggiat literasi yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung diajak Praktik Pengoperasian Aplikasi SLIMS oleh Arif Isnaini, Komunitas SLIMS Lampung.

“Kegiatan Ini merupakan program lanjutan pembinaan dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung, untuk membina serta mensosialisasikan program literasi Nasional kepada seluruh Pegiat Literasi di Provinsi Lampung,” pungkas Amin. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button