NEWS

Kakanwil Resmikan Aula Dan Lapangan Tenis Lapas IIA Metro

RADARMETRO.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Lampung, Edi Kurnadi menandatangani batu prasasti tanda peresmian Aula Usman Pokok Ratu dan Lapangan Teknis Berkelas 24 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Kota Metro.

“Nama Usman Pokok Ratu merupakan sosok panutan saya, saya pernah berada dibawah pimpinan beliau,” apresiasi nama Aula Lapas IIA Metro yang dilontarkan Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Lampung, Edi Kurniadi saat memberikan sambutan, Jumat (22/4/2022).

Menurut penelusuran radarmetro.id, Usman Pokok Ratu adalah putra Daerah Lampung yang pernah menjabat sebagai Kalapas Metro yang kedua, tepatnya pada tahun 1979-1985.

Selama menjabat sebagai Kalapas, Mulyana mengungkapkan torehan keberhasilan dari buah perjuangan Usman Pokok Ratu sangat berharga bagi Lapas IIA Metro.

Hal tersebut yang mendasari penamaan dari Aula Kunjungan Lapas IIA Kota Metro untuk mengenang nama salah satu orang yang berjasa dalam pembangunan dan perkembangan tempat pembinaan narapidana di Kota Metro.

“Dedikasi beliau perlu kita apresiasi, maka hal itulah yang mendasari pemilihan nama untuk Aula yang baru saja diresmikan,” ujar Kalapas Metro, Muchamad Mulyana kepada radarmetro.id saay di konfirmasi setelah peresmian.

Selain itu, Kakanwil Kemenkumham, Edi Kurniadi turut buka suara tentang Usman Pokok Ratu. Ia pernah menjadi bawahan saat Usman Pokok Ratu menjadi Kalapas di Kota Metro.

“Saya mengapresiasi pemilihan nama untuk Aula yang baru ini. Usman Pokok Ratu merupakan sosok panutan saya, saya pernah berada dibawah pimpinan beliau”. ujar Edi Kurniadi.

Selain adanya peresmian, Kakanwil Kemenkumham, Edi Kurniadi yang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Topan Sopuan, Kepala Bagian Umum, Hadiyanto, Kepala dan Bidang Pembinaan, Yuniarto, turut monitoring keamanan dan ketertiban untuk persiapan kunjungan bagi warga binaan Lapas IIA Metro oleh pihak keluarga saat hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M.

“Kita juga monitoring dan evaluasi untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran,” pungkasnya.

Hal tersebut senada dengan ucap Edi Kurnadi saat kunjungan perdana sebelum memasuki bulan Ramadhan. Ia mengungkapkan bahwa Lapas se-Provinsi Lampung harus menyiapkan sarana dan prasarana kunjungan, disinyalir akan dibuka bagi keluarga untuk membesuk secara tatap muka saat Ramadhan tahun 2022 ini.

“Persiapan kedepannya kan kunjungan kontak langsung akan dibuka kembali. Hanya waktu mungkin setelah lebaran, mungkin saat lebaran dibuka kunjungan kontak langsung,” ujarnya saat kunjungan perdana, Jum’at, 25 Maret 2022 di Lapas IIA Kota Metro.

Peresmian di hadiri oleh Kalapas Metro, Muchamad Mulyana, Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Metro, Sukir dan Plt. Kepala Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Metro, Dimas. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button