NEWS

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Mulai Naik

RADARMETRO.ID – Menjelang bulan suci Ramadhan sejumlah harga kebutuhan pokok makanan (Sembako) mulai mengalami kenaikan. Pantauan di lapangan kenaikan sembako terjadi pada komoditas daging sapi, gula pasir, dan telur.

Sultoni salah seorang pedagang daging di Pasar Kopindo Kota Metro, mengatakan menjelang bulan Ramadhan ini harga daging mulai naik. Kenaikan harga daging sapi tersebut berkisar Rp.5-10 ribu per kilogramnya. Menurutnya, ada perbedaan kenaikan harga daging untuk pembuatan bakso dengan daging untuk rendang.

“Biasanya hari biasa sebelum naik saya jual daging untuk bakso itu mulai dari Rp.120 ribu sampai dengan Rp.125 ribu. Tapi sekarang naik jadi Rp.130 ribu sampai dengan Rp.135 ribu per kilogram,” terangnya, Jumat (4/3/2022).

Lebih lanjut, kata Sultoni, untuk harga daging rendang mengalami kenaikan hingga Rp.10 ribu per kg. Biasanya ia menjual dengan harga Rp.130 ribu per kg untuk daging rendang. Namun kali ini mengalami kenaikan menjadi Rp.140 ribu per kg. “Selisihnya ada Rp10 ribu. Kalau yang buat rendang sapi itu yang Rp140 ribu,” ujarnya.

Senada dikatakan Suyati salah seorang pedagang bahan pokok makanan di Pasar Kopindo. Ia menjelaskan, harga sembako mengalami kenaikan berkisar Rp.2-5 ribu. Ini terjadi pada telur dan gula pasir. “Semua pada naik, harga telur sekarang Rp.23 ribu dari Rp.20 ribu perkilogram. Kemudian gula pasir sekilonya naik jadj Rp.14 ribu per kg,” kata dia.

Dikonfirmasi awak media, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Metro, Risawati Panca Putri menjelaskan, kenaikan bahan pokok saat ini memang terjadi secara nasional. Bukan hanya Metro saja namun naiknya harga kebutuhan makanan juga terjadi pada di beberapa daerah. “Kalau untuk Kota Metro kita masih menunggu dari Disperindag Provinsi Lampung. Seperti minyak goreng kemarin, pasti kami akan upayakan untuk tetap menjaga ketersediaan barang,” jelasnya.

Ia mengaku tidak dapat memprediksi kenaikan harga sembako tersebut hingga kapan. Terlebih selain Ramadan juga akan ada hari raya Idul Fitri. “Kapan turun kita tidak bisa prediksi. Tapi biasanya kalau kebutuhan pasar bisa dipenuhi dan kondisinya normal harga akan turun. Tapi untuk ketersediaan barang, kami pastikan aman,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button