NEWS

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

RADARMETRO.ID – Menjelang bulan Ramadan tahun ini sejumlah harga kebutuhan pokok (Sembako) mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut terjadi pada komoditas gula pasir, daging sapi hingga telur ayam.

Berdasarkan data harian Dinas Perdagangan Kota Metro, kenaikan harga terjadi pada gula pasir kemasan Rp14.250 per kilogram. Kemudian telur ayam Rp 24.000, cabai rawit naik Rp 3.250 menjadi Rp 34.500 dan cabai merah Rp 42.000 dari sebelumnya Rp 39.500.

Kenaikan juga terjadi pada komoditi bawang merah menjadi Rp 25.500 dari sebelumnya Rp 25.000, bawang putih naik sekitar Rp 2.000 menjadi Rp 32.500. Adapun minyak goreng curah dijual antara Rp 14.000 hingga Rp 20.000 per liter.

Sementara harga daging sapi masih stabil pada kisaran Rp 125 ribu per kilogram, daging ayam potong Rp 33.750, dan ayam kampung Rp 70 ribu. Untuk harga komoditi lainnya hingga saat ini terpantau masih stabil.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Metro Risawati Panca Putri menjelaskan, harga bahan pokok merupakan hasil pantauan di empat pasar setempat. Yakni di Pasar Kopindo, Tejoagung, Margorejo, dan Sumbersari.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Metro Yerri Ehwan mengakui, bahwa saat ini Pemkot tengah berkoordinasi bersama Provinsi, Bulog, dan pelaku usaha untuk menggelar operasi pasar. Ini sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi kenaikan sejumlah harga sembako.

“Operasi pasar rencananya menjual komoditi bahan pokok. Itu seperti beras, gula, minyak goreng dan lainnya dengan harga normal. Ini kita lagi siapkan kapan waktu dan tempatnya. Pastinya sebelum atau memasuki bulan puasa,” imbuhnya.

Ia menambahkan, operasi pasar juga akan berkoordinasi dengan satgas covid-19 Kota Metro untuk pengaturan atau teknis pelaksanaan. Karena saat ini masih dalam suasana pandemi. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button