NEWS

Jelang Pemilihan 2024, KPU Usulkan Anggaran Pilkada Rp19 M

RADARMETRO.ID – Menjelang kontestasi politik 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mulai mempersiapkan diri. Pasalnya, KPU Kota Metro mengusulkan penambahan anggaran pemilihan kepala daerah serentak 2024 sebesar Rp19 milliar lebih.

Dikonfirmasi awak media, Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama membenarkan usulkan tersebut. Ia mengatakan, telah menyerahkan rancangan kebutuhan anggaran ke pemerintah daerah. Menurutnya, dalam rancangan tersebut ada kenaikan sekitar 35 persen dibandingkan pemilihan kepala daerah tahun 2020 silam.

“Ada kenaikan sekitar 35 persen, yang sebelumnya Rp14 miliar sekarang diusulkan menjadi Rp19 miliar. Ini semua untuk semua kegiatan Pilkada mendatang,” ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Ia menjelaskan, kenaikan usulan anggaran tersebut dilatarbelakangi beberapa hal. Diantaranya rasionalisasi kebutuhan harga yang meningkat, lalu jumlah TPS yang juga meningkat, serta usulan kenaikan gaji petugas KPPS.

“Ini kan masih rancangan, akan ada diskusi selanjutnya, bagaimana finalisasinya. Tentu akan dilihat juga dari kemampuan, keuangan daerah, dan fiskal,” katanya.

Diakuinya, kenaikan usulan anggaran tersebut juga sudah sesuai dengan template dari KPU RI. Diantaranya terdiri dari sosialisasi yang dilakukan secara massive, anggaran covid, serta kenaikan yang cukup signifikan pada anggaran untuk gaji KPPS, dan kenaikan jumlah TPS dari 310 menjadi 340.

“Karena kita prediksikan dari 2020 ke 2024 jumlah partisipasi pemilih akan ada penambahan. Jadi untuk surat suara juga kita siapkan lebih,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengusulkan rancangan awal tersebut sejak tahun 2022, sebab di tahun 2023 harus ada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). “Artinya anggaran ini harus masuk ke APBD murni dan memiliki waktu panjang untuk membahas anggaran ini,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button