NEWS

Jelang Nataru, RSUDAY Metro Siagakan UGD

RADARMETRO.ID – Menjelang perayaan Natal dan Tahun (Nataru) mulai diantisipasi sejumlah pelayanan masyarakat di Bumi Sai Wawai. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) Kota Metro. Persiapan dilakukan dengan menyiagakan pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD).

“Persiapan Nataru, kami persiapkan UGD. Ini terutama di pelayanan gawat darurat kami siapkan tim,” terang Wakil Direktur RSUDAY Kota Metro, Fitri Agustina, Senin (20/12/2021).

Ia mengatakan, persiapan UGD dilakukan dengan menyiapkan tim medis. Ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus baik kecelakaan lalu lintas (lakalantas) maupun lainnya.

“Yang jelas kami siapkan tim dokter maupun perawatnya. Karena biasanya pada perayaan ini banyak kasus kecelakaan. Namun persiapan juga kami lakukan untuk berbagai kasus lainnya untuk pelayanan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, persiapan juga dilakukan untuk kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mulai meningkat. Persiapan dilakukan dengan mengalihkan ruang isolasi Covid-19 menjadi kamar pasien umum. “Untuk lonjakan DBD kami siapkan ruangan tambahan yang kemarin jadi ruang isolasi, sekarang kita alihkan jadi ruang rawat biasa,” jelasnya.

Menurutnya, penambahan ruang kamar pasien umum tersebut sebanyak 26 tempat tidur. Jumlah tersebut seluruhnya merupakan ruang isolasi pasien Covid-19. “Untuk pasien yang dirawat ini ada yang dari Kota Metro ada yang dari luar. Karena semakin melonjaknya kasus non Covid-19 terutama DBD dan demam virus ini, maka kita alihkan ruang isolasi jadi ruang rawat biasa,” ungkapnya.

Diketahui, jumlah kasus DBD di Bumi Sai Wawai juga terus meningkat. Berdasarkan data Dinas Kesehatan tercatat sebanyak 98 warga Kota Metro yang terjangkit penyakit dari Nyamuk Aedes Aegepty tersebut. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 25 kasus. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button