NEWS

Jaring Aspirasi Warga Lewat Musrenbang, Walikota Metro Ingatkan Budaya Gotong Royong

RADARMETRO.ID – Walikota Metro mengingatkan masyarakat untuk menggalakkan budaya gotong royong. Pasalnya, pemerintah tidak dapat melaksanakan program pembangunan tanpa peran serta masyarakat.

“Kita tidak bisa kalau tidak bergotong royong. Jadi budaya gotong royongnya yang harus dihidupkan. Seperti masalah bencana, bencana itu tidak bisa kalau tidak bersama,” ujar Walikota Metro, Wahdi dikonfirmasi awak media usai memimpin Rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kelurahan Mulyosari, Metro Barat, Senin (24/1/2022).

Ia mengatakan, pelaku pembangunan, inisiator sampai proses perencanaan dan pelaksanaannya harus melibatkan masyarakat. Menurutnya, pemerintah harus konsisten untuk melaksanakan program pembangunan sesuai usulan masyarakat.

“Pemerintah dalam hal ini kita tidak boleh ngalor ngidul. Ya sudah apa yang diinginkan masyarakat, termasuk 3 dasar pembangunan. Seperti pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, sumberdaya manusia, dan pembangunan infrastruktur. Infrastruktur apalagi penunjang ekonomi seperti jalan penghubung,” paparnya.

Diakuinya, Musrenbang tersebut dilaksanakan untuk menggali usulan pembangunan dari masyarakat. Menurutnya, beberapa pokok-pokok pikiran masyarakat akan hadir kemudian direalisasikan.

“Tetapi dengan skala prioritas. Yang paling penting adalah masyarakat memprioritaskan pembangunan apa. Harapan kita pemerintah itu belanjanya ya di masyarakat, seperti padat karya, sudah jelas. Jadi kalau ada belanja berkutatnya ya untuk warga Metro, maka muncul Metro Bangga Beli (MB2),” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan program pembangunan tersebut juga mengacu pada 7 pilar Jaringan Masyarakat Peduli Perempuan dan Anak (JAMAPAI). Seperti menyelesaikan masalah kesehatan dan kesejahteraan. “Seperti yang disampaikan Mendagri bahwa kalau kepala daerah sudah berfikir menurunkan angka kematian ibu dan bayi, artinya sudah oke,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button