NEWS

Indonesia Cat Association : Peternak dan Kucing Sebaiknya Bersertifikat

RADARMETRO.ID – Pagelaran festival kucing di Kota Metro turut dihadiri Indonesian Cat Association (ICA) Cabang Lampung. Pada kesempatan itu, menekankan pentingnya Sertifikat Kucing Resmi (Pedigree), lantaran mempermudah proses penelusuran silsilah biaya adopsi.

Hal tersebut dilontarkan kepada radarmetro.id oleh Ketua ICA Cabang Lampung, Fadri Indrawan melalui Wakil Ketua, Indah Sepdianingtias saat mengunjungi Metro Fun Festival Cat Show 2022 di Wisma Haji Al Khoiriyah, Kota Metro, Minggu (12/6/2022).

Menurut Indah pentingnya pedigree, lantaran seekor kucing memiliki keturunan ras yang harus dijaga dengan pengakuan semua pihak dan dapat dibuktikan melalui serifikat resmi alias pedigree. Sehingga masyarakat mempunyai dasar untuk penyebutan jenis kucing.

“Kalau dalam aturan organisasi, atau asosiasi atau club gitu, kami biasa menyebutnya house cat atau mixbreed. Kenapa seperti itu, karena kucingnya enggak jelas asal usulnya, enggak jelas bapak ibuknya,” ujarnya

Ia pun turut membawakan sampel kucing pedigree untuk memberikan edukasi para pecinta kucing yang hadir di gelaran Metro Fun Festival Cat Show 2022.

“Di kegiatan ini memang hanya tersedia kelas domestik dan non pedigree, kita bawakan yang pedigree agar masyarakat tidak asal sebut ini lo kucing saya anggora, persia tapi tidak tau asal usul dan jenisnya karena kucing persia pun juga banyak jenisnya dan bisa terdeteksi di sertifikatnya,” ungkap indah.

Diketahui melalui Indah, bahwa ICA yang merupakan full member FIFe, sertifikat pedigree yang dikeluarkan oleh ICA telah diakui negara-negara anggota FIFe di seluruh dunia. Dengan demikian, ICA memiliki beban untuk membawa nama Lampung agar dikenal dengan cattery go internasional.

“Kalau di Lampung sendiri masih tujuh cattery atau peternak kucing yang terdaftar di ICA dan diakui. Untuk menjadi cattery pun harus melalui diklat dulu, pengecekan kucing, tempat juga layak atau enggak, agar bener-bener menjadi peternak kucing yang dihasilkan itu berkualitas dan diakui Internasional,” bebernya.

Di sisi lain, wanita yang biasa dipanggil Indi itu memaklumi keberadaan kucing tidak dibekali pedigree. Namun tetap, sebagai pecinta kucing, ia menyarankan agar peternak kucing mempunyai sertifikat.

“Itukan brider ya, maksudnya peternak biasa. Karna gini, memang saat ini kita tidak bisa menyangkal banyaknya peternak biasa dengan alasan yang penting punya kucing kalau laku ya dijual. Tapi alangkah baiknya, kita mendaftarkan diri kita, kucing kita agar nantinya diakui secara internasional dan memiliki ganti jasa adopsi lebih tinggi,” tambahnya.

Wakil Ketua ICA Cabang Lampung itupun turut mengapresiasi akan gelaran Metro Fun Festival Cat Show 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Metro. Ia berharap dapat kembali bersinergi dengan mengadakan kegiatan yang lebih meriah.

“Acaranya luar biasa, keren, antusias pecinta kucing di Metro sangat banyak dan sangat potensial untuk kedepannya. Semoga kegiatan yang juga dalam rangkaian Hari Jadi Kota Metri ke-85 ini akan terus terselenggara kedepannya. Mengingat baru pertama ini usur Pemerintah mengadakan kegiatan semacam ini,” pungkasnya.

Dari beberapa sumber yang dihimpun radarmetro.id, Indonesian Cat Association (ICA) adalah organisasi penyayang kucing di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 1 April 2003 oleh para penyayang dan pemerhati kucing di Indonesia melalui Musyawarah yang diselenggarakan di Jakarta.

ICA dibentuk dengan tujuan agar para penyayang kucing di Indonesia mempunyai wadah yang dapat memberikan pelayanan dan pembinaan kepada para anggota secara profesional dan transparan dalam koridor keorganisasian yang sehat.

ICA berhasil dan mendapat pengakuan resmi serta diterima sebagai Full Member FIFe, melalui keputusan General Assembly FIFe yang dilaksanakan di Albufeira – Portugal pada tanggal 24 – 25 Mei 2007.

Sejak diterimanya ICA sebagai Full Member FIFe, sertifikat pedigree yang dikeluarkan oleh ICA telah diakui oleh seluruh Negara-negara anggota FIFe di seluruh dunia. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button