NEWS

Harga Cabai Meroket, Harga Bawang di Kota Metro Relatif Murah

RADARMETRO.ID – Melonjaknya sejumlah kebutuhan pokok, seperti cabai tidak berpengaruh dengan harga bawang di Kota Metro. Dalam dua hari ini mengalami penurunan, masih ditemukan harga bawang merah Rp.36 ribu perkilogram, sedangkan bawang putih Rp.20 ribu perkilogram di Kota Metro, Selasa (14/6/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmetro.id kenaikan harga cabai rawit mencapai 50 persen. Saat ini harga cabai rawit jenis caplak di Pasar Kota Metro Rp.100.000 perkilogram, yang semula Rp.50.000 perkilogramnya.

Sementara itu, untuk cabai merah mengalami kenaikan yang relatif rendah. Masih dijumpai harga di Pasar Kopindo, Kota Metro yang semula Rp.70.000 perkilogram, menjadi Rp.75.000 perkilogram.

“Dari ngambil, setiap harinya sampe hari ini naik,” ujar Ita (40), pedagang cabai di Pasar Kopindo, Kota Metro.

Di lain sisi, salah seorang pegawai toko Duta Bawang, Pasar Kopindo Metro, Dani (27) mengatakan dalam kurun waktu dua hari ini harga bawang merah berkualitas super mengalami penurunan sebesar Rp.5.000 perkilogram. Yang semula harga mencapai Rp.50.000 perkilogram, saat ini menjadi Rp.45.000 perkilogramnya.

“Waktu dua hari yang lalu sampai Rp.50 ribu ini turun ke Rp.45 ribu,” ujar Dani saat di mintai keterangan radarmetro.id disela-sela melayani para pembeli.

Saat ini di toko tersebut, harga dapat terkendali baik bwang merah maupun bawang putih.

“Harga bawang merah kalau yang brebes R.45 ribu sekilo, untuk bawang putih kalau yng biasa Rp.20 ribu, kalau yang kating Rp.32 ribu,” tambahnya

Ia juga mengungkapkan, kenaikan harga bawang menurutnya lantaran cuaca memasuki musim penghujan yang melanda di berbagai tempat petani bawang. Namun, Dani menganggap kenaikan tersebut masih relatif dan tidak berdampak lebih dipenjualan.

“Kalau kenaikan relatif sih mas, karena kan musim lagi kayak gini musim hujan, jadi bawang merah lumayan agak mahal,” ujarnya.

Penelusuran radarmetro.id mengarah ke sejumlah penjual bawang lain, Wahyu (27) mengungkapkan hal serupa dan untuk saat ini harga bawang dipastikan tidak melebihi Rp.50.000 perkilogram.

“Untuk pasaran Metro masih aman lah, masih Rp.50 ribuan perkilogram yang paling tinggi. Sedangkan harganya bervariasi sih, tergantung jenisnya juga, ada yang Rp.36 ribu, Rp.48 ribu dan yang paling jumbo itu Rp.50 ribu perkilonya,” tukasnya.

Ibu-ibu rumah tangga, Fatimah (48) pun masih mengeluhkan harga kebutuhan pokok. Sehingga lebih memilih mengurangi pembelian, walaupun dirasakan berkurangnya rasa pada masakan mereka.

“Masih mahal itu, belinya dikit-dikit, cabai ya satu ons kadang, seperempat gitu. Yang penting semua kebeli, ya cabai, ya bawang terus bumbu lainnya,” ujarnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button