NEWS

Hadimulyo Barat Usung Karya Lokal Dalam Perlombaan Tingkat Kota Metro

RADARMETRO – Kelurahan Hadimulyo Barat, sebagai perwakilan Kecamatan Metro Pusat mengangkat tema Handmade dalam mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro Tahun 2022. Tim penilai disuguhkan penampilan group angklung dan sulam tapis karya Karang Taruna Kelurahan Hadimulyo Barat, Jumat (20/5/2022).

Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro Tahun 2022 sudah memasuki separuh babak akhir penilaian dari semua Kelurahan yang menjadi perwakilan Kecamatan di Kota Metro. Hari ini Hadimulyo Barat sebagai perwakilan Metro Pusat mendapatkan giliran penilaian dari Tim Penilai lomba tersebut.

Berdasarkan pantauan radarmetro.id di Kelurahan Hadimulyo barat, Karang Taruna (Kartar) Hadimulyo Barat turut berpartisipasi dalam penyambutan. Terlihat pemain angklung anggota Kartar menyambut tim penilai, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Metro dan tamu yang hadir dalam kegiatan penilaian.

Selain itu juga, kerajinan tangan (Handmade) pemuda pemudi Karang Taruna turut menjadi bagian yang dinilai untuk mengangkat nama Kelurahan tersebut.

“Kita tampilkan kesenian angklung sebagai kesenian dari Karang Taruna, kita juga ada kerajinan tangan yang kita sebut Wulandari Handmade yang dinilai juga yang kebetulan dirumah saya,” kata Ketua Kartar Hadimulyo Barat, Wulandari saat dikonfirmasi radarmetro.id.

Di tempat yang sama, Agus Salim selaku Lurah Hadimulyo Barat mengapresiasi akan kebersamaan pemuda dan aparatur Kelurahan serta masyarakat dalam bersinergi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota Tahun 2022.

“Saya menyambut bahagia, karena dari adanya perlombaan ini saya bisa melihat kekompakan dan kerjasama di Hadimulyo Barat ini, seperti PKK, LPM, Karang Taruna, dari kesehatan penanganan Stunting, RT/RW saya lihat berhasil,” ujarnya.

Sementara itu, Komarudin selaku sekretaris pelaksana Lomba Kelurahan Tingkat Kota Tahun 2022 merupakan bentuk evaluasi dan pembinaan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat melalui tingkat terbawa, yakni Kelurahan atau Desa.

“Perlombaan ini memang dari tingkat pusat sampai tingkat kebawah. Ini merupakan sebuah evaluasi dan pembinaan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, kepada Pemerintah Kelurahan dan Desa,” ujarnya.

Disisi lain, Komaruddin yang saat ini menjabat sebagai Kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro melihat momentum perlombaan sebagai ajang evaluasi terlaksananya program dari Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kelurahan seluruh Kota Metro.

“Selanjutnya, kami dari Disnaker ini dengan adanya lomba Kelurahan akan mengevaluasi dan melihat kinerja dari aparat Kelurahan dalam hal pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

“Dimana kita sudah ada LKK ya, LKK ini Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang tugasnya membantu tugas-tugas Lurah. Apapun yang dilakukan oleh Kelurahan tanpa ada kerja bersama antara LKK dan Kelurahan yang dikomandoi oleh Pak Lurah maka dirasa akan sulit,” imbuhnya.

Kadis Disnakertrans tersebut mengharapkan kolaborasi antara Kelurahan dan juga LKK dapat berjalan dengan baik untuk masyarakat.

“Harapan kedepan pihak Kelurahan ini harus bisa memberdayakan LKK ini dengan sebaik-baiknya, dalam artian bahwa LKK ini bisa melaksanakan fungsi sebagaimana amanat aturan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Menurut pemantauan radarmetro.id Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro Tahun 2022 selepas adanya proses formal pembukaan, dilanjutkan mengunjungi beberapa stand yang akan dinilai. Mulai dari Administrasi Kelurahan, karya warga lokal maupun Karang Taruna, sampai olahan ekonomi kreatif UMKM masyarakat Kelurahan Hadimulyo Barat. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button