NEWS

Galakkan BIAN, Dinkes Sasar 35.098 Anak Dapat Imunisasi Tambahan dan Kejar

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Pasalnya, Dinkes menargetkan 35.098 anak akan mendapatkan imunisasi tambahan.

“Untuk sasaran imunisasi tambahan di Kota Metro ini sebanyak 30.840 anak. Kemudian untuk sasaran imunisasi kejar sebanyak 4.198 anak, sehingga total sasaran kita sebanyak 35.098,” terang Kepala Dinkes Kota Metro, drg. Erla Andrianti, Seninn(23/5/2022).

Ia mengatakan, BIAN sebagai upaya pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi. Yakni dengan pemberian imunisasi tambahan, berupa pemberian satu dosis imunisasi Campak Rubella secara massal, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya pada anak usia 9 bulan, sampai dengan 12 tahun.

“Kemudian kegiatan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan. Dengan diberinya imunisasi tambahan dan kejar ini, akan dapat melindungi anak-anak dari 7 penyakit. Yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti penyakit Polio, Difteri, Tetanus, Pertus, Hepatitis B, Campak dan Rubella,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan BIAN digelar untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi pada anak yang tinggi dan merata. Kegiatan juga sebagai upaya pencegahan terjadinya KLB Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

“Dengan tujuan khusus, menghentikan transmisi virus campak dan rubella di semua kabupaten kota di wilayah Indonesia pada tahun 2023. Selain itu juga untuk mendapatkan sertifikasi eliminasi campak dan rubella pada tahun 2026. Tujuan lain juga untuk mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio Global pada tahun 2026, serta mengendalikan penyakit difteri dan pertusis,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk waktu pelaksanaan BIAN pada tahap 1 dilaksanakan mulai bulan Mei 2022 di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Menurutnya, untuk tahap satu ini telah dilaksanakan launching BIAN di tingkat nasional oleh Kementerian Kesehatan pada hari Rabu 18 Mei 2022. Lalu, untuk tahap 2 dimulai bulan Agustus Tahun 2022, lagi provinsi di pulau Jawa dan Bali.

“Untuk di Kota Metro pelaksanaan kegiatan BIAN ini akan dilakukan di Puskesmas, sekolah atau satuan pendidikan/SLB maupun Pesantren. Kemudian Posyandu serta pos-pos imunisasi lainnya yang telah disiapkan,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button