NEWS

Festival Catur Metro 2021 Tingkat Umum Non Atlet Diikui Pecatur se-Lampung

RADARMETRO.ID – Pekan kelima kejuaraan Festival Catur Metro 2021 tingkat Umum Non-Atlet yang diadakan oleh Sekolah Catur Metro (SCM) berkolaborasi dengan Radar Metro, pertandingan penutup ini mempertemukan pecatur dari semua kalangan se-Lampung di Graha Pena Radar Metro, Sabtu (11/12/2021).

Perhelatan pekan kelima yang diselenggarakan oleh SCM dan Radar Metro merupakan rangkaian ajang perlombaan penutup di Festival Catur Metro 2021 yang pertama di Kota Metro. Kejuaraan catur diawali kategori Sekolah Dasar (SD) pada 13 November 2021, kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 20 November 2021, kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 27 November 2021, dan di kategori Mahasiswa pada 4 Desember 2021.

Dari data yang terhimpun sebanyak 71 pecatur dari semua kalangan usia dan profesi se-Kota Metro dan sekitarnya beradu strategi hari ini.

“Ini kegiatan lomba terakhir kita, kita buka seluas-luasnya, makanya ada pecatur dari Mesuji, Lamsel, Tulangbawang. Kita tidak membatasi usia, kita buka secara umum untuk siapa saja boleh ikut, tua, muda, laki, maupun perempuan,” ungkap Setiawan selaku ketua pelaksana.

Peserta sebanyak 71 pecatur ini oleh panitia dibagi menjadi 35 pasang yang akan bertanding sebanyak 6 kali menggunakan sistem swiss dan 1 pecatur mendapatkan by.

“Kita menggunakan sistem swiss, 35 pasang ini akan bergantian musuhnya untuk bertanding sebanyak 6 kali, sedangkan 1 orangnya mendapatkan by untuk melaju ke babak selanjutnya,” tambahnya.

Kumpulnya pecatur kawakan non-atlet ini dianggap oleh Setiawan sebagai bentuk silaturahmi satu hobi untuk prestasi di bidang catur. Selain silaturahmi, kedatangan mereka sebagai support dan menambah motivasi lebih bagi SCM sendiri untuk komitmen mengembangkan catur di Bumi Sai Wawai.

“Saya rasa ini bukan perlombaan semata, tapi kegiatan semacam ini dengan datangnya pecatur tua maupun muda, ini juga menjadi ajang silaturahmi yang menambah prestasi. Hal-hal seperti ini menambah motivasi kami di SCM untuk mengembangkan percaturan nantinya,” tambahnya.

Panitia pelaksana Festival Catur Metro 2021 tingkat Umum Non-atlet sudah menyediakan hadiah bagi 6 juara. Alotnya pertandingan dari pecatur kawakan ini dirasa oleh Setiawan akan memakan banyak waktu pada pekan kelima ini.

“Kami siapkan 6 piala dan hadiah lain untuk para juara, tapi pertandingan pasti akan alot, nantinya juga akan lama,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button