NEWS

Dua Tim PKM Mahasiswa UM Metro Raih Juara 2 dan 3 pada PIMTANAS 2021

RADARMETRO.ID – Dua tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Metro berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Nasional (PIMTANAS) 2021.

Tim pertama diketuai Via Milenia Putri, dengan anggota Lisa Irfani Hanifah, Auzi Ulfa dan Fadila Taulanita Arif, mendapatkan juara 2 PKM Kewirausahaan (PKM-K), dengan dosen pembimbing Ibu Ira Vahlia, M.Pd.

Sedangkan tim kedua diketuai oleh Wahyu Teri Kurniawan, dengan anggota Rahma Monica, M. Said Romadhon dan Azzahra Fitri Amilina, mendapatkan Juara 3 PKM Penerapan Iptek (PKM-PI) dengan dosen pembimbing Ibu Mustika, S.Kom., M.Kom.

Peserta yang mengikuti PKM-PI yakni 150 tim dari berasal dari seluruh PTS seluruh Indonesia dan didominasi oleh  Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA).

Ira selaku pembimbing menyatakan untuk keberhasilan melalui proses bimbingan yang maksimal.

“Proses bimbingan dilaksanakan dengan pemberian saran dan komentar secara intensif untuk proposal PKM-K serta selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa agar lebih kreatif dalam membuat desain produk serta dapat bermanfaat produknya untuk masyarakat. Bahkan tidak ada kendala karena mahasiswa sangat excited dan senang dalam berwirausaha,” kata Ira

Sementara menurut Mustika, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan PIMTANAS salah satunya dikarenakan mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jarang lolos menjadi juara dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“Kalo di Dirjen Ilmiah ada namanya PIMNAS, sayangnya mahasiswa yang berasal dari PTS jarang sekali berpeluang untuk juara di PIMNAS itu. Jadi, untuk menyemangati agar semua mahasiswa PTS ini tetap semangat berkompetisi, semangat menjadi peneliti-peneliti muda. Maka Puspresnas PTMA mengadakan kegiatan PIMTANAS ini,” ungkap Mustika.

Mustika menambahkan, adanya sertifikat yang diberikan kepada  dosen pembimbing, sedangkan mahasiwa yang meraih juara mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

“Tindak lanjut dari kegiatan tersebut, setiap peserta, dosen pembimbing itu mendapatkan sertifikat, dan semua juara mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan. Kegiatan ini sebenarnya tindak lanjut dari hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Dirjen Belmawa Kemendikbud, yang bersifat nasional PTN dan PTS se-Indonesia berkompetisi untuk itu,” tambah Mustika.

Dosen pembimbing tersebut juga menyatakan kegiatan sangat baik bagi pengembangan diri mahasiswa yang menjadi peserta.

“Kegiatan itu sangat bagus dan bermanfaat, untuk melatih mahasiwa keluar dari zona nyamannya sebagai mahasiswa. Semoga kedepannya UM Metro bisa menjadi juara 1. Tapi yang terpenting adalah nilai proses yang dilaluinya dalam Pimtanas, softskill yg tidak mereka pelajari di bangku kuliah, seperti teamwork, disiplin, jujur dan sebagainya,” harap Mustika.

Sebagai informasi tambahan kegiatan menghadirkan 20 juri yg berasal dari PTN dan PTS se-Indonesia dengan kredibilitas tinggi yang merupakan reviewer nasional Belmawa. Ibu mustika juga merupakan di skema PKM-GT, PKM-GFK, PKM-KC dan PKM-KI. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button