NEWS

Dr. Ihsan Beri Pendampingan Akselerasi Jurnal Nasional di UNIDA

RADARMETRO.ID – Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed, Wakil Rektor (WR) IV Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, beri pendampingan akselerasi akreditasi jurnal nasional di Universitas Darussaalam Gontor (UNIDA), Ponorogo, Jawa Timur, Senin (14/02/22).

Seminar pendampingan merupakan lanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman bersama antara UM Metro dengan UNIDA.

Teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang tidak terkecuali merambah pada penelitian dan penerbitan jurnal di setiap perguruan tinggi.

“Penerbitan dan pengelolaan jurnal ilmiah yang semula melalui media cetak lumayan memakan waktu yang cukup lama tapi sekarang prosesnya lebih cepat dengan adanya jurnal ilmiah elektronik atau e-jurnal. Pengajuan, penyuntingan, penelaahan dan penerbitan naskah karya ilmiah dilakukan melalui sistem e-jurnal, dampak positifnya proses pengindeksan dan dampak ilmiah atau sitasi suatu tulisan dapat diketahui dengan cepat, terdata dan terpantau dengan segera,” ungkap Dr Ihsan.

Menurut Ihsan, pengelolaan jurnal ilmiah harus memperhatian pedoman akreditasi jurnal ilmiah untuk membentuk jurnal yang berkualitas.

“Masalah utama jurnal ilmiah belum terindeks di pengindeks beruputasi karena mutu penerbitan jurnal ilmiah sebagian besar masih kurang baik, belum menerapkan kaidah artikel ilmiah, substansi artikel belum dijaga dan dipertahankan dengan baik, proses penelaahan oleh mitra bestari dan pemapanan gaya selingkung belum konsisten dan jurnal ilmiah belum baik karena belum menerapkan manajemen jurnal ilmiah secara daring (online) penuh” ungkap Ihsan yang juga sebagai reviewer di jurnal Tsaqofah sinta 2 dan jurnal AT Tadib sinta 3 di UNIDA Gontor. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button