NEWS

Dr Edi Ribut Dianugerahi Gelar Kehormatan Kanjeng Pangeran Oleh Keraton Surakarta

RADARMETRO.ID – Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Metro sekaligus Pengacara kondang, Dr. Edi Ribut Harwanto, SH,MH., dinobatkan dan mendapat gelar kehormatan Kanjeng Pangeran (K.P.) dari Brigadir Jenderal Inf.Purn Kanjeng Gusti Panembahan Agung Sinuhun Tedjo Wulan Maha Menteri  Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Selasa (18/01/22).

Dr. Edi Ribut menyatakan sebelum penyematan gelar yang diikuti ratusan abdi ndalem, dilakukan pembacaan sholawat nabi dan doa sekaligus iringan musik tradisional keraton.

“Sebelum dilakukan penyematan gelar pangkat Kanjeng Pangeran (K.P.) kepada saya, sejak sore di gedung Sasono Purnomo Skretariat Maha Menteri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dilakukan ritual melantunkam sholawat nabi dan doa-doa dengan diringgi musik tradisional khas keraton dikuti ratusan abdi ndalem keraton hingga larut malam,” ungkap Edi.

Setelah dilakukan ritual, dan dibimbing oleh para abdi ndalem dilanjutan dengan pemberian wejangan tentang tangung jawab seorang Kanjeng Pangeran dikeraton.

“Atas gelar dan pangkat yang sudah diamanahkan harus dijaga, menjadi panutan rakyat, jujur, bermartabat dan bisa menjaga dan melestarikan budaya dan adat keraton serta selalu taat dan patuh dengan titah raja dan maha manteri kapan saja dibutuhkan,” jelas Dosen FH UM Metro tersebut.

Selanjutnya Edi juga menyampaikan amanah dari Sinuhun Brigjrn Inf.Purn Tedjo Wulan mengenai tanggungjawab atas gelar yang telah diberikan.

“Dari Sinuhun Brigjrn.Inf. Purn Tedjo Wulan memberikan banyak pesan kepada saya agar dapat mengemban tugas keraton dengan baik menjaga nama baik dan membantu melestarikan budaya dan tradisi keraton dengan baik. Beliau menitipkan amanah juga kepada abdi ndalem yang sudah disematkan pangkat dan kedudukanya, dan tanggal 27 Februari 2022 agar hadir kembali ke Skretariat Maha Menteri gedung Sasono Purnomo Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk dilakukan pengesahan dan menerima surat keputusan raja atas gelar kehormatan nya,” ungkap Edi.

Sebagai informasi tambahan ada tiga yang disematkan gelar kehormatan dari keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat satu Kanjeng Pangeran (K.P.) dan dua KMAY Adp dan KMA Tmg oleh maha Menteri. Selain mengangkat dan memberi gelar kehormatan kepada Kanjeng Pangeran Dr. Edi Ribut Harwanto SH MH, sinuhum juga menyematkan gelar kehormatan kepada Kanjeng Mas Ayu Adipati Rah Mustika Ningrat (KMAY Adp) dan kepada Erfi Dina dengan gelar kehormatan Kanjeng Mas Ayu Tumengung (KMAY Tmg). (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button