NEWS

Dosen UM Metro adakan Sosialisasi Pentingnya Produk Halal dan Pelatihan Pembukuan Online.

Dosen Universitas Muhammadiyah Metro mengadakan kegiatan Acara SOSIALISASI Pentingnya Produk Halal dan PELATIHAN Pembukuan Online Bagi Pedagang Pasar Kreatif Kelurahan Rejomulyo, telah diadakan pada 22 mei 2022 pukul 08.00 bertempat Di Pasar Kreatif Rejomulyo Metro Selatan.

Selain Mengadakan Pelatihan pembukuan online bagi pedagang pasar kreatif kelurahan Rejomulyo Tim Pengabdian kepada Masyarakat UM Metro juga Membuat Event Lomba Mewarnai TK & PAUD di Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (PAK RT). Lomba mewarnai ini dilaksanakan awal sebelum pelaksanaan pelatihan.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu catur dharma perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Metro. Adapun yang terlibat dalam acara SOSIALISASI Pentingnya Produk Halal dan PELATIHAN Pembukuan Online Bagi Pedagang Pasar Kreatif Kelurahan Rejomulyo adalah ibu Nina Tisnawati, M.Pd.I, Ibu Triani Ratnawuri, S.Pd., M.Pd., Ibu Nurul Farida, M.Pd., dan Ibu Sangidatus Sholiha, M.Pd.) dengan jumlah peserta 18 Orang dan dibantu panitia dengan jumlah 5 orang Mahasiswa.

Tujuan dari acara SOSIALISASI Pentingnya Produk Halal dan PELATIHAN Pembukuan Online Bagi Pedagang Pasar Kreatif Kelurahan Rejomulyo yaitu agar dapat menanamkan nilai profetik bagi para pedagang dengan melakukan jual beli yang halal. Kemudian papat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para pedagang untuk dapat mengelola keuangan melalui pembukuan atau pencatatan keuangan baik secara manual maupun online menggunakan aplikasi di smartphone.

Bapak Suparmo selaku ketua pengurus pasar kreatif Rejomulyo Tangguh (PAK RT) dalam sambutannya menyampaikan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Metro telah mau bekerja sama dengan kami dan terima kasih atas diadakannya kegiatan semacam ini di pasar kreatif Rejomulyo Tangguh (PAK RT). Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan terus”.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pelatihan SOSIALISASI Pentingnya Produk Halal dan PELATIHAN Pembukuan Online Bagi Pedagang Pasar Kreatif Kelurahan Rejomulyo. Narasumber pertama Ibu Nina Tisnawati, M.Pd. sebagai pemateri, yang mensosialisasikan tentang nilai profetik yang tertanam melalui produk-produk halal maupun aturan tentang kehalalan dalam jual beli. Dalam penyampaian materi Ibu Nina Tisnawati, M.Pd. menyampaikan “Dalam berdagang harus bersikap Sidiq (jujur dalam perkataan dan perbuatan), Tabligh (menyampaikan), Amanah (terpercaya), Fathonah (cerdas)”.

Ibu Nurul Farida, M.Pd. selaku narasumber kedua menyampaikan pentingnya melakukan pembukuan. “Dengan melakukan pembukuan, maka pedagang dapat menghitung laba atau rugi. Sehingga dapat terlihat keuntungan yang diperoleh para pedagang.”

Narasumber ketiga yaitu Ibu Sangidatus Sholiha, M.Pd, menyampaikan pelatihan pembukuan secara manual menggunakan buku kas cetak dengan mempraktikkan bagaimana melakukan pencatatan keuangan sederhana bagi para pedagang. Dalam penyampaian Ibu Sangidatus Sholiha, M.Pd menyampaikan “dengan adanya laporan keuangan, Mendorong UMKM untuk terus mencatat pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu UMKM tahu berapa banyak pengeluaran yang dilakukan di bulan yang berjalan dan hal ini membantu mengontrol keuangan UMKM. Berbeda jika tidak memiliki catatan bisa-bisa UMKM membelanjakan uangnya secara tidak terkontrol”.
Narasumber keempat yaitu Ibu Triani Ratnawuri, M.Pd, menyampaikan pelatihan pembukuan secara online melalui aplikasi buku warung. Dalam penyampaian Ibu Triani Ratnawuri, M.Pd menyampaikan “buku warung adalah aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya”.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button