NEWS

Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Latih Media Belajar dengan Canva ke MGMP IPS Lampung Selatan

Kamis (29/9/2022) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP IPS) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva Pendidikan. MGMP merupakan asosiasi atau himpunan guru yang memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui diskusi dan pelatihan. Peran utamanya adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru bidang studi IPS, MGMP IPS Lampung Selatan menggandeng Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro untuk mengadakan pelatihan media pembelajaran menggunakan Canva Pendidikan. Mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang dengan sangat pesat saat ini, mendorong guru-guru hebat ini untuk terus memacu diri meningkatkan kompetensi dan keterampilan diri. Meski dilaksanakan secara daring, peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan canva pendidikan ini.

Merry Efendi selaku ketua MGMP IPS mengajak kepada seluruh anggotanya untuk semangat meningkatkan kompetensi dan keterampilan diri. Terdapat 51 anggota MGMP IPS telah mengikuti kegiatan pelatihan Canva Pendidikan bersama Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro Desi Budiono, S.Pd., M.Pd. Pada sambutannya, pemateri Desi Budiono mengungkapkan rasa bangganya kepada guru-guru hebat anggota MGMP IPS Lampung Selatan yang telah bersemangat mengikuti pelatihan Canva Pendidikan. “Saya sangat berterimakasih kepada ketua dan anggota MGMP IPS Lampung Selatan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa ini, saya bangga MGMP IPS telah hadir untuk mewadai guru-guru hebat dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru-guru IPS di Lampung Selatan. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut” ungkapnya.

Desi Budiono mengajak guru-guru untuk mendapatkan akun Canva Pendidikan secara gratis sebagaimana yang telah disediakan oleh Canva Pendidikan. Sehingga guru dapat menikmati fasilitas yang telah disedikan oleh Canva Pendidikan untuk menunjang pembelajaran di kelasnya. Melalui Canva Pendidikan guru dapat membuat proyek dan berkolaborasi bersama siswa. Perkembangan IT dan globalisasi yang yang sangat pesat, guru harus tetap eksis dengan menguasai teknologi yang ada. Desi Budiono mengatakan “Teknologi tidak akan menggantikan guru hebat, tetapi teknologi di tangan guru hebat akan transformasional” mengutip dari George Couros.

Pada pelatihan ini, peserta belajar bersama dalam membuat Lembar Kerja Peserta Didik. Kepemilikian akun Canva yang belum menyeluruh menjadi salah satu hambatan bagi peserta pelatihan untuk dapat menyelesaikan proyek ini. Meskipun demikian, Desi Budiono selaku pemateri memfasilitasi peserta untuk mendapatkan akun canva pendidikan. Sehingga setelah pelatihan berakhir, guru-guru dapat melanjutkan proyek mandiri dengan akun canva pendidikan masing-masing.

Ketua MGMP IPS berharap kegiatan pelatihan Canva ini dapat berlangsung secara kontinyu, dan menjadi program rutin bulanan MGMP IPS Lampung Selatan. Karena masih banyak media pembelajaran yang dapat dibuat melalui canva pendidikan.

Pelatihan ini sangat berguna bagi guru-guru hebat untuk membantu dalam pembuatan media pembelajaran, maupun menggunakan canva pendidikan sebagai media pembelajaran yang interaktif bersama siswa. Karena melalui Canva Pendidikan, guru maupun siswa dapat membuat proyek bersama dengan cara yang menarik. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bersama untuk memajukan dunia pendidikan. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button