NEWS

Dorong Pertumbuhan UMKM, Pemkot Metro Gaungkan MB2

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro mendorong pertumbuhan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Bumi Sai Wawai. Terlebih dengan pertumbuhan UMKM tersebut juga dapat mendorong terwujudkan program Metro Bangga Beli (MB2).

Demikian disampaikan Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman saat menyampaikan sambutannya dalam Acara Peragaan Busana Produk UMKM di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, pertumbuhan UMKM memiliki posisi penting untuk penyerapan tenaga kerja, kesejahteraan masyarakat dan menstabilkan kesenjangan sosial. Karenanya, UMKM menjadi salah satu sektor yang tidak boleh diabaikan.

“Potensi-potensi inilah yang saat ini sedang kita gali dan kembangkan serta dipasarkan. Banyaknya UMKM dan industri kreatif di Metro, harus diakui sebagai kekuatan strategis dan penting untuk mempercepat pembangunan daerah. Tentunya besar harapan kita untuk membantu para pelaku UMKM dan industri kreatif lainnya, agar termotivasi untuk bangkit kembali di tahun 2022 ini,” ujarnya.

Diakuinya, salah satu subsektoral dari industri kreatif adalah bidang fashion. Potensi industri kreatif bidang fashion, harus dikembangkan karena industri kreatif ini dapat memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan. Salah satunya pemerintah dalam upaya mengembangkan industri kreatif , dengan menumbuhkan wirausaha baru dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Selain itu pemerintah juga memberikan fasilitas untuk masyarakat berupa kredit usaha, kesempatan untuk merombak struktur pada mesin dan peralatan, fasilitas promosi, pembinaan oleh tenaga ahli desain, serta strategi untuk mengembangkan branding suatu produk fashion. Karena industri fashion sangat berkontribusi besar terhadap ekonomi nasional, maka pemerintah juga terus berupaya semaksimal mungkin untuk menggerakkan industri kreatif ini,” jelasnya.

Qomaru juga mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan Visi Kota Metro terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya. Menurutnya, kegiatan ini juga turut andil mendukung salah satu program MB2 dan mempromosikan produk hasil dari kreativitas di bidang fashion busana muslim UMKM Kota Metro.

“Dukungan Pemerintah Kota Metro tentunya tidak hanya berhenti sampai disini, melainkan sangat dinantikan lahirnya seorang entrepreneur muda di bidang fashion. Ini guna mendorong banyaknya kaum millenial untuk mendirikan brand-nya sendiri, sehingga tercipta produk lokal bisa menjadi tuan rumah dari daerahnya sendiri,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button