NEWS

Disnakertrans Catat 44 Warga Metro Jadi PMI

RADARMETRO.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro mencatat sebanyak 44 warga menjadi Pekerja Migran Indonesia (TKI). Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pekerja Migran kita yang terdaftar tahun 2021 ini ada 44 orang. Jumlah ini turun dibandingkan tahun 2020 ada 78 orang,” terang Kepala Disnakertrans Kota Metro, Komarudin, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan, turunnya jumlah tenaga migran tersebut lantaran sejumlah negara menutup penerimaan tenaga kerja. Ini lantaran masih tingginya kasus Covid-19 di Bumi Sai Wawai.

“Memang tahun 2021 ini kan jalur ke luar negeri tutup semua karena pandemi Covid-19. Sehingga warga banyak yang mencari pekerjaan dalam negeri,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah tersebut diketahui berdasarkan tingginya angka pemohon kartu kuning. Ia menjelaskan, berdasarkan data Disnakertrans sebanyak 240 tahun 2020 dan naik menjadi 280 di tahun 2021. “Untuk tahun 2021 ini permintaan kartu kuning meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data dari 44 tenaga kerja migran tersebut rata-rata bekerja di Singapura, Hongkong dan beberapa negara lainnya. Menurutnya, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk verifikasi identitas para pekerja.

“Kita hanya memverifikasi identitas saja, bahwa benar pekerja warga Metro. Namun bila ada warga Metro yang tidak terdaftar itu, kita tidak tahu karena mereka mendaftarnya darimana dan tidak melaporkan ke kita,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button