NEWS

Dishub Targetkan PAD Uji Kendaraan Capai Rp600 Juta

RADARMETRO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro menargetkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari balai uji kendaraan bermotor (KIR) tahun 2022 ini mencapai Rp.600 juta. Target tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp.400 juta.

Kepala Dishub Metro, I Made Suwanda menjelaskan, kenaikan target tersebut mengingat tahun lalu pihaknya telah over target. Yakni dari target Rp400 juta terealisasi sebesar Rp500 juta

“Iya tahun ini kita naikan. Kalau tahun lalu kita melebihi target dari Rp.400 juta kita dapat Rp.500 juta lebih. Jadi tahun ini target kita Rp.600 juta,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain dari Kota Metro kendaraan yang melakukan uji KIR juga berasal dari luar daerah. Ini seperti Lampung Timur, Lampung Tengah dan Lampung Selatan.

“Kendaraan dari Lampung Tengah dan Lampung Selatan ada juga yang melakukan uji KIR disini. Tapi untuk yang dari luar Metro harus membawa surat rekomendasi dari Dishub setempat,” paparnya.

Lebih lanjut, Made mengungkapkan untuk mencegah terjadinya pungutan liar dan kebocoran PAD, kendaraan yang hendak melakukan uji KIR harus mendaftar melalui online. Kemudian, kendaraan juga harus datang langsung ke Balai uji KIR Dishub Metro untuk mencegah adanya praktik percaloan.

“Saya juga tegaskan kepada petugas uji KIR jangan sampai ada pungli disini. Kalau memang belum lulus uji KIR, ya harus diselesaikan apa yang menjadi kekurangan kendaraan itu. Karena ini menyangkut dengan keselamatan,” tegasnya.

Ia juga mengaku tidak segan untuk memberikan sanksi tegas jika ada petugas KIR yang melakukan praktik pungli kepada masyarakat. Karenanya Made mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan jasa calo.

“Karena untuk pelayanan uji KIR di Dishub Metro tidak akan memakan waktu yang lama. Jangan memakai calo langsung saja kesini. Pelayanan juga cepat. Apalagi alau uji KIR kendaraanya wajib hadir disini,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button