NEWS

Disdukcapil Raih Penghargaan WBK dari Kemenpan RB

RADARMETRO.ID – Prestasi membanggakan kembali diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro. Penghargaan tersebut diberikan atas diraihnya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dikonfirmasi awak media, Kepala Disdukcapil Kota Metro, Maria Fitri Jayasinga membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, prestasi tersebut diraih dengan kerjasama semua pihak. Terlebih Metro merupakan satu-satunya Disdukcapil di Provinsi Lampung yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

“Untuk program ini kami mewakili Lampung dan hanya Disdukcapil Metro yang mendapatkan penghargaan wilayah menuju WBK dan WBBM dari Kemenpan RB. Penghargaan ini merupakan kado terindah di akhir tahun 2021,” ujarnya, Selasa (21/12/2021).

Menurutnya, untuk mendapatkan capaian ini tidaklah mudah. Karena ada beberapa katagori dan persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa meraih penghargaan tersebut. “Tentu tidak mudah. Kami harus menyiapkan enam management perubahan, diantaranya dapat melayani masyarakat dengan cepat melalui digitalisasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, pelayanan cepat dan prima yang diberikan kepada masyarakat juga harus disertai dengan tidak adanya korupsi maupun pungli. Utamanya dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Intinya kami akan mempermudah semua pelayanan. Kita juga memberlakukan aplikasi dan membentuk Inovasi baru untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, aplikasi yang diterapkan tersebut juga belum ada di daerah lain. Itu salah satu fungsi aplikasi tersebut adalah bisa transparansi dan akuntabilitas untuk masyarakat khususnya Kota Metro.

“Penilaian tersebut melalui jenjang. Jadi penilaian admistrasi, penilaian respons yang baik serta penilaian paparan dan verivikasi di lapangan. Penilaian ini sesuai dengan Permenpan RB nomor 14 tahun 2017 dan Permenpan RB 25 tahun 2019,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button