NEWS

Direktur BNPT RI : Radikalisme Awal Mula Terorisme

RADARMETRO.ID – Direktur Pencegahan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia (RI), Bigjen Polisi R Ahmad Nurwakhid mengungkapkan awal mula kelompok terorisme berawal dari paham radikalisme.

Hal tersebut disampaikan oleh Brigjen Nurwakhid saat menghadiri silaturahmi bersama masyarakat Purwosari, Metro Utara, Kota Metro guna mengantisipasi paparan terorisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Radikal itu boleh, karena berpikir secara mendalam, tapi ketika menjadi Radikalisme itu yang tidak diperbolehkan. Radikalisme suatu paham ekstrim yang menjiwa dan menjadi awal mulanya individu teroris sampai kelompok-kelompok terorisme,” ujarnya, Senin (6/6/2022) malam.

Direktur Pencegahan BNPT RI itu juga memaparkan deteksi dini ciri-ciri seseorang yang sudah terpapar paham terorisme di lingkungan. Paparan terorisme juga diakui olehnya akan bertahap, dimulai dari ketertutupan terhadap lingkungan, selanjutnya menimbulkan sikap acuh, sehingga akan selalu merasa benar sendiri.

“Cirinya orang yang terpapar paham terorisme keadaan mereka akan eksklusif lingkungan, bersikap intoleran, berfikir radikalisme, yang berujung teroris,” bebernya.

“Selain itu terorisme itu kebiasaannya anti dengan tradisi, budaya, dan kearifan lokal,” tambah Brigjen Nurwakhid.

Dalam kesempatan malam itu, silaturahmi bertempat di kediaman Rektor UM Metro, Jazim Ahmad yang dimulai sejak pukul 20.30 WIB.

Dalam pantauan radarmetro.id terlihat Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman, Ketua PW Muhammadiyah Lampung, Marzuki Noor, Rektor IAIN Metro, Siti Nurjanah serta jajaran.

Selain itu juga hadir aparatur Kecamatan Metro Utara, aparatur Kelurahan dan juga masyarakat turut mendengarkan arahan Direktur Pencegahan BNPT RI.

Dari pantauan radarmetro.id di lokasi, agenda tersebut berlangsung dengan khidmat dan penuh antusias audience yang hadir untuk sesi tanya jawab yang disediakan. Kegiatan usai sekira pukul 22.30 WIB. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button