NEWS

Dinkes Bandarlampung: Gerakan Emak.ID Menarik & Kekinian, Harus Diduplikat Tiap RT

RADARMETRO.ID – Selasa (31/5), Agus Solihin salah satu Pegiat Bank Sampah Emak.ID diundang dalam kegiatan Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dalam kegiatan ini agus diminta untuk melakukan sosialisasi pentingnya mengelola sampah rumah tangga sehingga mampu mengurangi suplai sampah ke TPA Bakung yang perhari mencapai 1000 ton.

Acara Orientasi STBM ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Gedong Air,Tanjung Karang Barat, yang dihadiri oleh beberapa stakeholders seperti Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Norcahyo Camat TKB, dr. Titin Kepala Puskesmas Gedong Air, Lurah se Kecamatan Tanjungkarang Barat, beberapa perwakilan Kepala Lingkungan berserta RT dan Kader Posyandu se Kecamatan Tanjungkarang Barat.

“Problem lingkungan adalah problem kita bersama, semua masyarakat diharapkan terlibat aktif dalam memilah sampah dari rumah, langkah sederhana dan sepele akan tetapai dampaknya sangat besar ” Ujar Nurcahyo Camat TKB dalam sambutannya

Nurcahyo juga menyambut baik semua pihak yang terlibat dalam penanganan problem lingkungan, baik masyarakat ataupun penggiat lingkungan.

Orientasi ini di isi oleh dua Narasumber yaitu perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung yaitu Kasi Kesjaor Ajib Jayadi dan Perwakilan Emak.ID yaitu Agus Solihin

Ajib menekankan bahwa pentingnya masyarakat terus meningkatkan status kelurahan dan kecamatan sehingga mencapai 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Gerakan Bank Sampah Emak.ID ini sangat menarik dan kekinian, sepertinya harus diduplikat seluruh RT di Tanjungkarang Barat” ungkap Ajib disela-sela sambutannya.

” Saat ini Bank Sampah Emak.ID memiliki 4000 Nasabah atau 170 unit Bank Sampah yang tersebar diselulruh Kota Bandar lampung. Tentu masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan populasi masyarakat Bandarlampung” pungkas Agus yang juga Founder Emak.ID

Agus mengajak masyrakat Bandarlampung untuk memulai memilah sampah dari rumah, dengan gerakan sederhana ini harapnya bisa mengurangi tonase sampah yang disuplai ke TPA Bakung

Diakhir sesi Camat, Lurah, Kaling di Tanjungkarang Barat melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk mewujudkan kecamatan Tanjungkarang Barat berbasis STBM. (Syam)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button