NEWS

Di Warkop WAW Coach Adi Bahas Empat Proses Dalam Ekspor

Coach Adi membahas
empat hal dalam pelatihan ekspor di Warkop WAW, Sabtu (5/2/2022).

Empat Proses Dalam Ekspor (L/C) lanjut dia.

1.     Pemasaran

Adalah proses mendapatkan buyer dari mulai promosi sampai terjadi kontrak dagang.

  1. Pembukaan LC

Letter of credit  (L/C) adalah Jaminan dari bank penerbit kepada eksportir sesuai dengan instruksi dari importer untuk melakukan pembayaran sejumlah tertentu dengan jangka waktu tertentu atas dasar penyerahan dokumen yang diminta importer

  1. Pengiriman Barang

Poin utama pelatihan kali ini adalah langkah-langkah merealisasikan pembelian buyer. Dimulai dari menterjemahkan LC kemudian bagaimana memilih pelayaran yg sesuai, interaksi dengan EMKL/PPJK, komunikasi dengan surveyor yang dibutuhkan.

“Dalam pelatihan ini juga ditampilkan contoh dokumen dokumen yang digunakan dalam memproses pengiriman barang, seperti Shipping Instruction, Booking Confirmation, EIR, Phytosanitary, Health Certificate, PEB, NPE, LS dan lain lain,” ujar Coach Lulusan Universitas Gadjahmada ini.

Lanjut dia, output penting dari proses ini adalah dokumen pengapalan yang merupakan bukti bahwa eksportir telah mengirimkan barang yang dipesan Importir sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam L/C.

  1. Shipping Document Negotiation Process.

Proses ini adalah proses pencairan dokumen pengapalan bagi eksportir dan merupakan proses untuk claim barang yang telah dibayar bagi Importir.

Owner Warkop WAW Ismail Komar menyambut baik kegiatan positif ini. Apalagi kaitannya dengan optimalisasi sumberdaya lokal di dunia internasional. “Warkop WAW akan terus memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” ujar dia.

Pertemuan ini akan dilanjutkan rutin oleh Coach Adi di Warkop WAW. (Nys)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button