NEWS

Deklarasi Oemah Sahabat Angka Sebagai Pusat Pengabdian IKAHIMATIKA Indonesia

RADARMETRO.ID – Mahasiswa jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mendeklarasikan Oemah Sahabat Angka canangan Kampung Matematika Kota Metro, sebagai Pusat Pengabdian Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) Indonesia pada forum Kongres ke-XVI IKAHIMATIKA Indonesia di Universitas Malikussaleh, Aceh, Jumat (11/3/2022).

Nur Kholis, mahasiswa IAIN Metro sebagai peserta kegiatan Kongres ke-XVI IKAHIMATIKA Indonesia, yang juga terlibat dalam pengabdian Oemah Sahabat Angka menyampaikan deklarasinya di depan mahasiswa matematika se-Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa mahasiswa matematika hari ini melalui IKAHIMATIKA Indonesia sudah memiliki kemandirian dalam berkarya, dengan hadirnya Oemah Sahabat Angka untuk dijadikan Pusat Pengabdian Kematematikaan.

“IKAHIMATIKA Indonesia sebagai satu-satunya organisasi yang menghimpun mahasiswa matematika se-Indonesia memiliki beban dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di kancah nasional maupun internasional. Dengan berdirinya Oemah Sahabat Angka, sebagai bukti kita sebagai mahasiswa ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya saat menyampaikan deklarasi di forum Kongres ke XVI IKAHIMATIKA Indonesia.

Lebih jauh ia menyampaikan tentang gambaran realisasi Oemah Sahabat Angka, bahwasannya tempat tersebut nantinya akan menjadi tonggak berdirinya Kampung Matematika di Kota Metro degan support dari berbagai pihak yang ada.

“Dengan keterlibatan dari seluruh pihak terutama mahasiswa matematika yang memiliki konsep intelektual Numerasi Kematematikaan, masyarakat yang terus didorong agar peka terhadap kondisi permukiman bernuansa literasi, dan pemerintah yang bertanggungjawab akan pendampingan sampai mencapai puncak pengembangan Oemah Sahabat Angka menjadi tonggak terciptanya Kampung Matematika Kota Metro,” tambahnya.

Deklarasi ditutup dengan penandatanganan banner Pusat Pengabdian IKAHIMATIKA Indonesia oleh Sekjend Muhammad Irwan, Wasekjend Muhammad Riyadi, Koordinator DPO Rifan Zulfahmi, Koordinator Wilayah 1 sampai Wilayah 6 IKAHIMATIKA Indonesia, dan 37 Himpunan Mahasiswa Matematika yang hadir dalam kegiatan kongres.

Hal tersebut Kholis ungkapkan sebagai bentuk kerjasama dan dukungan mahasiswa matematika se-Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan Oemah Sahabat Angka canangan Kampung Matematika di Rawasari IV, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.

“Terakhir dari permintaan kami, Bubuhkan tandatangan saudara-saudara pada banner yang sudah kami siapkan sebagai bukti dukungan IKAHIMATIKA Indonesia,” pungkasnya. (Naim)

FOTO : Deklarasi Perwakilan Oemah Sahabat Angka saat Kongres ke XVI IKAHIMATIKA Indonesia di Universitas Malikussaleh, Aceh. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button