NEWS

Danang, Bocah SD yang Tampil Percaya Diri Melawan Pecatur Tingkat SMA

RADARMETRO.ID – Danang Sri Budhana, siswa kelas 6 SD MIM Purbolinggo, Lampung Timur tampil percaya diri di Festival Catur Metro 2021 di kategori SMA. Danang yang merupakan Pemegang juara 2 tingkat Sekolah Dasar (SD), dan juara 2 Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tampil percaya diri menghadapi pecatur tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dalam Festival Catur Metro di Graha Pena Radar Metro, Sabtu (27/11/2021).

Pekan ketiga Festival Catur Metro melahirkan bibit unggul dalam bidang catur. Danang Sri Budhana akrab dipanggil Danang, merupakan siswa berprestasi di bidang catur. Anak yang masih duduk di kelas 6 ini telah memenangkan dua piala Festival Catur Metro. Piala pertama diperoleh saat pekan pertama di tingkat Sekolah Dasar (SD), mengantongi juara dua. Selanjutnya pada pekan kedua kembali bertanding di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dalam pertandingan sengit tersebut Danang masih sanggup menunjukkan kapasitas sebagai pecatur dengan keluar sebagai juara dua mengalahkan pecatur lain dari SMP se-Kota Metro dan sekitarnya.

“Dia pecatur apik dari Lampung Timur yang masih SD, kemarin juara tingkat SD, terus juara dua tingkat SMP. Maka dari itu kami undang untuk kembali mewarnai Festival Catur Metro di tingkatan SMA,” ungkap Setiawan selaku ketua pelaksana.

Dengan bekal itu Danang mendapatkan undangan untuk menguji kemampuannya di bidang catur melawan atlet dari tingkat SMA. Gaya santai yang memiliki semangat membara dibekali kemampuan yang mumpuni menjadikan Danang percaya diri untuk terjun memenuhi undangan.

“Semangat sekali, percaya diri walaupun melawan kakak-kakak SMA, tapi saya tetap berani,” ungkap Danang sebelum bertanding.

Terungkap bahwasannya bakat Danang sudah muncul saat menginjak kelas 4 SD, permainan catur sehari-harinya sudah menjadi Hobi yang menjadi rutinitas di rumah.

“Saya sering bermain di rumah, bersama Om Anton temen bapak. Dalam seminggu bisa tiga sampai empat hari bermain, tapi rutinnya setiap minggu,” tambahnya.

Danang merupakan putra bungsu dari dua bersaudara anak dari pasangan Juwoto dan Sri Suharnani. Kedua orangtua sangat bangga akan prestasi anaknya, dengan selalu mendampingi bermain catur di rumah maupun saat mengikuti Kejuaraan Festival Catur Metro.

“Ini perlombaan pertama setelah lama pandemi, saya selalu dampingi. Di rumah bermain juga dengan saya. Rasanya bangga mempunyai anak yang berprestasi, karena bisa membawa nama baik semuanya,” ungkap Juwoto.

Dari awal, Danang mengikuti kejuaraan Festival Catur Metro pihak sekolah tidak mendampingi di Graha Pena Radar Metro, melainkan orangtua yang selalu mendampingi sampai Danang bisa meraih juara di berbagai macam tingkat yang diperlombakan. Hal itu sangat disayangkan oleh Juwoto dan berharap pihak sekolah juga terlibat.

“Saya sendiri yang mendampingi, dari pihak sekolah juga saya harapkan ke depannya bisa mendampingi seperti sekolah-sekolah yang di Kota Metro ini,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button