NEWS

Cegah Stunting, 390 Tim Pendamping Keluarga Diterjunkan

RADARMETRO.ID – Sebanyak 390 orang tim pendamping keluarga siap melayani masyarakat untuk mencegah stunting. Mereka akan bertugas untuk memberikan edukasi prakonsepsi guna cegah stunting dan menikah dibawah umur.

Demikian disampaikan Walikota Metro, Wahdi, usai menjadi narasumber pada sosialisasi program Jamapai di Aula Dinas Kesahatan Kota Metro, Kamis (30/6/2022). Menurutnya, pihaknya tengah mensosialisasikan tentang masyarakat pesuli anak dan ibu, sesuai dengan agensa Nawacita. “Nah disini kita banyak tugas dalam kasus stunting khususnya. Maka tujuh pilar itu diperlukan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada pilar ke satu merupakan prakonsepsi. Lalu bagaimana menjaga ibu hamil, menjaga ibu melahirkan, menjaga ibu yang menyusui, lalu menjaga bayi serta balita.

“Jadi tindakan pencegahan itu sudah kita mulai dari prakonsepsi sampai menyusui. Terutama asi eksklusif, kalau berjalan dengan baik maka stunting itu dapt ditekan,” ujarnya

Tidak hanya itu, lanjut Wahdi, adanya ibu hamil muda dan juga ibu yang hamil terlalu tuapun juga menjadi faktor tingginya penyakit stunting yang ada.Menurutnya, interpensi terhadap stunting itu telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas P3AP2KB, berupa edukasi berkala dan berkelanjutan mencegah stunting tersebut.

“Disini hadir kita di pranikah. Kita berikan edukasi melalui tim pendamping keluarga yang di Metro berjumlah 390 orang. Dimana masing-masing tim terdiri dari 3 orang diantaranya seorang bidan, seorang anggota PKK dan satu kader. Ini dilakukan untuk menangani edukasi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045 nah di Metro pun ada Gemerlang. Oleh karena itu sumber daya itu penting,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button