NEWS

Cegah Penyebaran Covid-19, Asklin Fasilitasi Warga Rapid Antigen dan Beri Masker Gratis

RADARMETRO.ID – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Sai Wawai gencar dilakukan pemerintah setempat bersama sejumlah elemen masyarakat. Salah satunya oleh Asosiasi Klinik Swasta Indonesia (Asklin) Kota Metro yang memberikan fasilitas pemeriksaan Rapid Antigen gratis kepada masyarakat.

Kegiatan yang digelar di Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Minggu (26/12/2021) mendapat antusias masyarakat. Tampak puluhan masyarakat melakukan Rapid Antigen gratis untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

“Dalam kegiatan ini kita ingin bersinergi bersama pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kita yang swasta ingin Kota Metro ini bebas Covid-19. Bisa melewati pandemi Covid-19 dengan sukses salah satunya kita tingkatkan testing, tracing dan treatmen (3T) dengan kita perbanyak tes-tes pemeriksaan Rapid Antigen. Makanya kita buka posko pemeriksaan antigen gratis disini,” terang Ketua Asklin Kota Metro, dr. Melly Kemerdasari KN,Sp.KKLP, didampingi Sekretaris Asklin, Apt. Megasari, S.E, S.Si, M.M, Minggu (26/12/2021).

Ia mengatakan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pihaknya juga berperan aktif dalam mengkampanyekan 5M. Salah satunya dilakukan dengan membagikan masker gratis di tempat-tempat umum seperti dilakukan di Pasar Payungi.

“Ini sebagai upaya kita membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid 19 dengan membagikan masker dan liflet tentang Covid-19. Lalu, melakukan giat 3T dengan jemput bola ke tempat-tempat keramaian dengan melaksanakan cek antigen gratis. Seperti tadi kami berjaga di pintu depan sama di dalam. Pengunjung yang belum memakai masker kami bagikan masker gratis. Kita juga imbau masyarakat untuk selalu menjaga Prokes,” bebernya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan adanya warga yang hasil pemeriksaan antigennya reaktif. Ia berharap tidak warga yang positif, sehingga Kota Metro dapat terbebas dari Covid-19.

Ia menambahkan, selain melakukan pemeriksaan antigen dan pembagian masker gratis, pihaknya juga telah menggelar kegiatan bhakti sosial pemberian bantuan bagi pasien Covid dan keluarga tidak mampu. Tidak hanya itu, pihaknya juga menggelar kegiatan vaksinasi masal di beberapa tempat di Kota Metro. “Kita juga turut berpatisipasi dan berkolaborasi dalam kegiatan dinas dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN). Yakni dengan melaksanakan pemeriksaan IVA sebagai deteksi dini kanker serviks di Gedung YKI Kota Metro,” tukasnya.

Sementara itu, Sri Hariyani warga Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat mengharapkan kegiatan pemeriksaan antigen tersebut dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. Terlebih ia yang baru pulang dari Batam mengaku cukup terbantu dengan adanya pemeriksaan antigen gratis tersebut. “Kebetulan saya sering terbang ke Batam. Kemarin saya juga baru pulang. Sehingga saya ingin periksa. Karena ini gratis, mudah-mudahan kegiatan bisa seterusnya dilakukan untuk membantu masyarakat dan memutus penyebaran Covid-19,” tutupnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button