NEWS

Cegah Kekerasan terhadap Anak, Pemkot Tingkatkan Koordinasi Lintas Sektoral

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro secara intensif melakukan koordinasi lintas sektoral. Ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Prayetno, mengatakan, koordinasi lintas sektor tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI No. 14 tahun 2021. Yakni tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan perlindungan perempuan dan anak tahun anggaran 2022.

“Ini juga merupakan upaya kita dalam mendukung Kota Metro sebagai Kota Layak Anak (KLA). Oleh karena itu, kita koordinasikan disini lintas sektor baik dari pemerintahan, kepolisian, masyarakat, pelaku usaha dan para stake holder lainnya,” terangnya, Jumat (17/6/2022).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebuy rencananya akan digelar selama empat hari dengan empat kegiatan. Diantaranya dengan melibatkan Kapolres dan Kajari sebagai narasumber.

“Apalagi di tahun 2022 ini sudah ada tiga kasus kekerasan terhadap anak di Kota Metro. Kita telah melakukan upaya pendampingan psikologi terhadap anak,” ujarnya.

Menurutnya, upaya lain juga dilakukan dengan mengeluarkan surat edaran oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, untuk mengantisipasi kejahatan terhadap anak di lingkungan sekolah.

“Kita disini juga tengah melakukan sosialisasi ke berbagai element masyarakat. Tujuannya agar dapat lebih melihat dan memantau anak, sehingga anak tidak berada di luar jangkauan orang tua,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan dilakukannya sosialisasi itu dapat meningkatkan kewaspadaan orang tua dan masyarakat Kota Metro. Ini sebagai upaya untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak di luar rumah.

“Kita berharap dengan ini dapat menekan segala bentuk kejahatan terhadap anak. Sehingga Kota Metro menjadi kota yang layak dan aman untuk anak dan masyarakat setempat,” pungkasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button