NEWS

Bulan Ramadan, Sampah Warga Naik Sehari Capai 104 Ton

RADARMETRO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencatat adanya kenaikan volume sampah masyarakat. Pasalnya, sepanjang Ramadan tahun ini DLH mencatat sebanyak 104 ton sampah terkumpul di masyarakat.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Yerri Noer Kartiko, Selasa (26/04/2022). Ia mengatakan, dari 104 ton sampah yang dihasilkan masyarakat tidak seluruhnya dapat diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Metro. Ini lantaran keterbatasan armada angkutan di dinas setempat.

“Jadi setiap harinya kita hanya bisa mengakut 70 ton sampah untuk diangkut ke TPAS. Sampah ini campur, ada sampah organik dan non organik,” terangnya.

Menurutnya, untuk saat ini pihaknya terus mengoptimalkan armada angkutan sampah yang tersedia. Ini untuk antisipasi terjadinya penumpukan sampah sepanjang bulan Ramadan dan masuki musim mudik tahun 2022 ini.

“Untuk layanan sampah kita tetap berjalan seperti biasanya. Lebaran hari ke dua sudah beroperasi normal lagi. Cuma di hari pertama lebaran aja off. Jadi, masyarakat yang merasa berlangganan pelayanan angkutan sampah dengan DLH, tak perlu khawatir akan ada penumpukan sampah di rumahnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 13 armada truck dan 13 armada bentor yang akan mengambil sampah-sampah di rumah para pelanggan. Namun bagi masyarakat yang belum berlangganan tetap disediakan 7 kontainer sampah.

“Bagi yang belum berlangganan, ada 7 kontainer sampah stand by di beberapa wilayah. Ini diantaranya ada di wilayah pasar-pasar basah, yang nantinya juga akan didistribusikan di TPAS Metro Utara,” jelasnya.

Meski demikian, Yerri berharap kepada masyarakat untuk dapat memilah sampah dimulai dari rumah. Sehingga tidak terjadi penumpukkan sampah. “Jadi sampah yang ada sisi ekonomisnya dan bisa di daur ulang disendirikan. Kemudian bisa didistribusikan ke bank sampah yang ada di lingkungan masing-masing,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button