NEWS

Buang Sampah Sembarangan, 18 Warga Metro Didenda Rp2,45 Juta

RADARMETRO.ID – Sebanyak 18 warga Kota Metro kembali terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Warga tersebut tertangkap tangan saat membuang sampah di sejumlah titik di Kota Metro.

“Hari ini ada lagi penambahan 2 warga yang kita denda. Mereka tertangkap tangan saat membuang sampah di lokasi dekat Kelurahan Iringmulyo, Metro Timur,” terang Kasat Pol PP Kota Metro, Imron melalui Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Metro, Yosep Neno Taek, Rabu (29/12/2021).

Ia mengatakan, razia tersebut dilakukan di beberapa titik yang dipantau. Ini seperti di Jalan Jenderal Sudirman depan kantor Dinas Pertanian, depan Kolam Renang Palem Indah, jambatan dekat Ponpes Atanwil, di lokasi dekat Pura Margorejo, di depan Koramil Metro Timur, dekat Kelurahan Iringmulyo, di dekat Jembatan Kali Bunut, dan di Jalan Pattimura pertabatasan Metro Utara dengan Lamteng.

“Kita akan terus lakukan operasi berkelanjutan. Karena sudah ada Perda dan Perwali mengenai tata laksanakan sudah ada. Sosialisasi juga sudah kita lakukan selama 2 tahun. Karenanya untuk tahun ini kita lakukan penindakan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hingga kini dari 18 pelanggar tersebut sudah diberikan sanksi berupa denda. Total denda yang diberikan tersebut mencapai Rp2,45 juta. “Untuk semua pelanggar ini totalnya mencapai Rp2.450.000. Tapi dari 18 pelanggar ini satu diantaranya kita berikan sanksi administrasi berupa peringatan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk sanksi yang diberikan tersebut masing-masing didenda sebesar Rp150 ribu. Denda ini merupakan denda terendah sesuai dengan Perwali Nomor 33 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan sanksi administrasi. Aturan ini merujuk Perda Nomor 1 tahun 2018 tentang pemanfaatan lahan dan pengelolaan sampah rumah tangga.

“Sesuai aturan ini denda paling rendah yang kita terapkan sebesar Rp150 ribu dengan minimal berat sampah sebesar 0,5 kg. Sehingga untuk 18 orang pelanggar yang sudah disanksi ini totalnya sebesar Rp2,45 juta denda yang terkumpul,” paparnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button