NEWS

Beri Wawasan Kehumasan, Prof. Widodo Sebut Keunggulan Humas PTMA

UM Metro – Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Prof. Dr. Widodo Muktiyo, M.Com. jelaskan keunggulan Hubungan Masyarakat di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dari kampus lainnya.

Menurutnya Humas PTMA memiliki nilai Value Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain.

“Humas PTMA itu memiliki value AIK yang menjadikan ia semestinya lebih hebat dibandingkan perguruan tinggi lain,” kata Prof. Widodo saat menjadi keynote speaker pada Workshop Pengembangan Humas PTMA, Kamis (30/06/2022).

Guru Besar UNS ini juga menyebutkan, saat ini Humas memiliki peran besar dalam melakukan branding lembaganya.

“Humas PTMA saat ini hendaknya memiliki digital mindset, di mana zaman yang terus berkembang menjadikan Humas harus memanfaatkannya dengan baik. Kalau kita lihat pemeringkatan yang belum lama ini, ada 2 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang masuk 10 besar. Dan keduanya merupakan kampus yang berbasis pada IT,” terangnya.

Selain menguatkan teknologinya, sambungnya, Humas juga harus memberikan perlakuan yang tak kalah baik dengan apa yang terlihat pada branding di media sosial atau website.

“Selain fokus Humas pada high technology, Humas juga harus mengedapankan high touch dan high truth jangan sampai ada istilah WAWOH. Karena branding di medsosnya bagus misalnya tampilan gedungnya, layanannya, terlihat ‘WOW’ namun saat ada konsumen datang justru kurang menarik atau tampilannya justru bikin ‘WOH’ yang berujung pada kekecewaan,” tambahnya.

Prof. Widodo berharap Humas PTMA ini harus cepat membaca situasi di masa depan.

“Kita itu harus memiliki jiwa kompetitif. Kalau tidak, kita akan tergilas di masa depan. Jangan mentang-mentang kita sudah merasa baik saat ini, kita malah nyantai. Kalau hal itu terus berlanjut, maka kampus kita akan ditikung. Apa yang menjadi tantangan di masa depan, harus dipersiapkan sejak dini, sampaikan kepada rektornya. Makanya salah satu tugas humas itu adalah pembisik,” pungkasnya.

Sebagai informasi, workshop kali ini turut diikuti staf Humas UM Metro Bungsudi bersama puluhan utusan kampus PTMA lainnya se-Indonesia.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button