NEWS

Bawa KTP Dilayani di RSUD Sumbersari Bantul, Warga Bisa Dapat Fasilitas dengan BPJS Kesehatan

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro secara resmi meluncurkan program peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kali ini peningkatan pelayanan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Sumbersari Bantul.

Peningkatan pelayanan dilakukan dengan dicanangkannya pelayanan Bawa KTP Dilayani (BKD) oleh Walikota Metro Wahdi, Selasa (11/1/2022). Dengan kata lain masyarakat pemilik Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KID) BPJS Kesehatan kini bisa dilayani.

Diketahui, RSUD Tipe D Sumbersari sebelumnya belum dapat melayani masyarakat pengguna JNK KIS BPJS Kesehatan. Ini lantaran belum adanya kerjasama antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan tersebut. Karenanya masyarakat yang berobat terpaksa harus menggunakan pelayanan umum.

Dalam kesempatan tersebut, Wahdi mengatakan, pengukuhan BKD tersebut sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat kini bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan hanya dengan membawa KTP. “Hari ini kita pengukuhan BKD (Bawa KTP Dilayani). Jadi bawa KTP dilayani dan pencanangan BPJS,” terangnya.

Menurutnya, pelayanan kesehatan di RSUD tersebut juga akan terus ditingkatkan. Terlebih rumah sakit tersebut sudah memiliki izin operasional dan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kalau rumah sakit kita sudah izin operasional. Tentu ini adalah rumah sakit tipe D. Jadi kapasitasnya ya tipe D. Itu yang dilakukan pemerintah tadi. Kalau kita mengandung dan melahirkan yang direncakan dengan baik. Maka memeliharanya nanti enak,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, kedepan peningkatan pelayanan juga akan terus dilakukan. Ini terutama melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana rumah sakit. “Kedepannya tentu ada perkembangan, perubahan dari tata gedung dan lainnya. Tapi insyaallah ini sudah bisa operasional. Harapan saya dalam waktu dua bulan ini, untuk fasilitas emergensi khususnya kamar operasi sudah bisa siap dan bisa dioperasionalkan,” jelasnya.

Mengenai kenaikan tipe, Wahdi mengaku akan dilakukan secara bertahap. Ini terutama dalam hal operasional rumah sakit diharapkan dapat berjalan lancar. “Nanti dulu. Kalau kita tipe D dasar saja berjalan saja sudah bagus itu. Kan tahapannya itu, perizinan satu rumah sakit kan begitu. Operasionalnya dinilai dua tahun seperti apa,” ujarnya.

Karenanya ia meminta rumah sakit agar terus meningkatkan pelayanan. Peningkatan pelayanan juga harus dilakukan untuk pelayanan rumah sakit agar terbuka, transparan dan akuntabel. Selain itu juga sikap ramah harus diutamakan.

“Adaptif terhadap kemajuan teknologi. Masyarakat yang datang kesini juga harus dilayani dengan ramah sesuai dengan konsep Metro Ceria. Cerdas, cermat, empati, responsif, pendampingan keilmuan dilayani dan aman. Masyarakat yang dilayani aman,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button