NEWS

Batasi Kegiatan Masyarakat, Metro Tetap Berlakukan PPKM Level 1

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro kembali melaksanakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pasalnya, berdasarkan penilaian pemerintah pusat Kota Metro tetap berada pada PPKM level 1.

Demikian disampaikan Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Rabu (19/1/2022). Ia mengatakan, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2022, Metro masih berada pada level 1. Meski demikian penerapan protokol kesehatan (Prokes) wajib dilaksanakan.

“Kemarin telah turun Inmendagri Nomor 4 Tahun 2022. Yang dimana inti dari Inmendagri masih sama dengan Instruksi Walikota kemarin, dan kami telah keluarkan Instruksi Walikota terbaru yang dimana pada protokol kesehatan selalu dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kota Metro Ika Pusparini menyampaikan terkait Instruksi Walikota masih sama pada level 1. Kemudian mengenai pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh bisa dilaksanakan sesuai keputusan bersama.

“Terkait Instruksi Walikota terbaru terhadap pendidikan, dalam pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan pembelajaran tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh. Ini sesuai keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/2021 Nomor 1347 tahun 2021, Nomor 8.01.08/MENKES/6678/2021 Nomor 443-5847 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19,” terangnya.

Ia menjelaskan, Dinas Pendidikan sudah mengeluarkan surat edaran terkait dengan pemutusan dari 4 Menteri tersebut. Isinya menyebutkan bahwa PTM pada level 1 untuk satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 kepada pendidikan dan ketenaga pendidikan diatas 80%. Kemudian capaian vaksinasi dosis 2 masyarakat lansia diatas 50%, dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Yakni PTM dilaksanakan setiap hari dengan jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas, serta pembelajaran paling lama selama 6 jam perhari. Untuk capaian vaksinasi dosis 2 yakni 50-80%, capaian vaksinasi dosis 2 warga masyarakat lansia diatas 40-50%, dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan PTM dilaksanakan setiap hari secara bergantian, dengan jumlah peserta 50% dari kapasitas kelas, dengan lama pembelajaran 6 jam setiap harinya,” paparnya.

Selanjutnya, untuk Work From Home (WFH) 25% dan Work From Office (WFO) 75%. Sementara itu serta untuk Toko, Rumah Makan, Cafe, Lestoran, dan Pasar Swalayan tutup sampai jam 22:00 WIB.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button