NEWS

Bank Sampah NUSA Unit Banjarsari diresmikan, Warga Bisa Mulai Menabung

RADARMETRO.ID – Bank Sampah NUSA (Nuwo Sampah) Unit Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara telah diresmikan di halaman Kantor Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara, Minggu 27/02/2022 sekira pukul 09.00 wib. Acara yang juga dihadiri oleh pengurus Karang Taruna Kelurahan Banjarsari dan warga setempat berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.


Pemerintah Kota (Pemkot) Metro sendiri telah menggelar acara launching Bank Sampah Induk Nusa (Nuwo Sampah) PKK Metro dua hari sebelumnya, Jumat (25/02/2020 di Aula TP PKK Kota Metro. Bank Sampah Induk NUSA (Nuwo Sampah) diresmikan secara langsung oleh Walikota Metro, Wahdi yang juga bertepatan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Wahdi mengatakan penanganan sampah merupakan salah satu program prioritas dari Wali Kota dan Wakil Walikota. Bank Sampah NUSA, merupakan salah satu bentuk penanganannya. Ia pun berharap Bank Sampah bukan hanya semata-mata ceremonial, tapi kegiatan ini diimplementasikan kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih rajin dan serius dalam pengelolaan sampah.


Ketua PKK Kelurahan Banjarsari, Agustina Rahayu atau yang akrab disapa Yayuk berharap dengan adanya Bank Sampah NUSA Unit Kelurahan Banjarsari maka sampah dari Banjarsari yang akan dikirim ke TPAS Karangrejo setidaknya akan berkurang. “Adanya Bank Sampah NUSA (Nuwo Sampah) Unit Kelurahan Banjarsari, yang melakukan kolaborasi dengan TP PKK Kelurahan Banjarsari, Karang Taruna Kelurahan Banjarsari beserta seluruh warga saya harap akan dapat mengurangi kiriman sampah dari Banjarsari ke TPAS Karangrejo. Selain itu, Bank Sampah NUSA juga akan dapat menambah pendapatan masyarakat dari aktivitas memilah sampah yang di mulai dari tiap Rumah Tangga,” jelasnya.


Suwanda, Ketua Karang Taruna Kelurahan Banjarsari berharap dengan diresmikannya Bank Sampah NUSA Unit Banjarsari ini dapat membuat semua sadar akan pentingnya pengelolaan sampah. “Diresmikannya Bank Sampah ini tentu harus direspon dengan positif, akhirnya kita menjadi sadar bahwa sampah ini adalah persoalan yang penting. Mari awali dari rumah kita masing-masing untuk mulai memilah sampah yang bernilai ekonomi. Kami dari pengurus Karang Taruna Banjarsari akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lainnya, apalagi Banjarsari ini sangat luas, bagaimana masyarakat yang tergerak untuk menabung sampah dapat difasilitasi dengan tidak harus membawa sendiri sampah dari rumah ke kantor kelurahan,” tutupnya.


Bank Sampah Unit Kelurahan Banjarsari direncanakan akan dibuka setiap akhir bulan di halaman Kantor Kelurahan Banjarsari untuk menerima warga yang akan menabung sampah. [soe]

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button