NEWS

Banjir Lagi, Warga Hadimulyo Barat Bongkar Drainase Tuntaskan Banjir

RADARMETRO.ID – Drainase belum di bersihkan, guyuran hujan di Kota Metro kembali akibatkan perumahan terendam air setinggi 25 centimeter di Gang Atmos RT/RW 005/003, Jalan Imam Bonjol No.27, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kamis malam (28/4/2022).

Antok (48) warga setempat mengungkapkan hujan lebat sejak pukul 19.00 yang mengguyur Kota Metro, akibatkan naiknya air dari dalam drainase menggenangi jalanan serta pemukiman warga.

“Tadi kan hujan deras kurang lebih mulai pukul 19.00. Banjir lagi ini, air didalam drainase itu keluar malah keluar ke atas, jadinya jalan ini dan rumah di Gang Atmos itu terendam,” ujarnya.

Terpantau di lokasi oleh radarmetro.id, aliran air terus keluar melalui lubang drainase. Seharusnya, menurut Anto, aliran drainase tersebut sudah diperbaiki oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Metro. Pasalnya, banjir ini kali kedua dalam kurun waktu dua minggu terakhir akibat drainase yang tidak bisa mengalirkan air dari hulu ke hilir.

“Sebenarnya ini banjir kedua dalam dua minggu ini, yang pertama itu juga hujan terus ditambah tanggul atas sana jebol. Kita sudah dijanjikan oleh Pemerintah katanya akan di benahi pasca banjir kemarin, tapi janji aja dan buktinya sekarang masih banjir,” bebernya.

Lurah Hadimulyo Barat, Agus Salim turut prihatin, banjir malam itu menggenangi Jalan Imam Bonjol dan juga satu rumah warga bernama Ayet Suparman. Lantas, ia bersama warga setempat melakukan pembongkaran drainase dengan alat seadanya agar aliran air kembali lancar.

“Rumah Pak Ayet itu tergenang kurang lebih 25 centimeter, kita semua turut prihatin, kasian kan kalau keadaan seperti itu. Makanya inisiatif kami warga malam ini bergotong-royong membongkar drainase biar air ini bisa mengalir,” ujarnya.

Pemilik rumah yang terendam air, Ayet Suparman (73) menjelaskan kepada radarmetro.id banjir ia ketahui sepulang dari rumah saudara yang berada di 15 polos, Metro Pusat.

Ketika dilokasi, terpantau oleh radarmetro.id air setinggi 25 centimeter sudah menggenangi jalanan depan rumah, halaman, dapur dan juga tempat ibadah yang berada di dalam rumah.

“Tadi saya tau itu sehabis pulang dari rumah saudara, di 15 polos sana. Seperti banjir kemarin, halaman, jalan depan, tempat shalat dan dapur juga terendam,” ungkap Ayet sembari menunjukkan tempat-tempat yang terendam air kepada radarmetro.id.

Sampai larut malam, terpantau radarmetro.id warga terus mengerjakan pembongkaran drainase sepanjang Jalan Imam Bonjol yang di sinyalir menjadi akar permasalahan banjir malam itu. Terlihat Lurah Hadimulyo Barat, Agus Salim, Rt dan Rw bersama warga turut membantu pengerjaan di tengah-tengah hujan yang terus mengguyur Kota Metro.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button