NEWS

Awasi Kesehatan Hewan Kurban, DKP3 Terjunkan 83 Tim Pengawas

RADARMETRO.ID – Sebanyak 83 tim pengawas akan diterjunkan untuk mengawasi kesehatan hewan kurban. Mereka akan bertugas untuk memantau kesehatan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha di masjid di Bumi Sai Wawai.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Herry Wiratno, Selasa (5/7/2022). Ia mengatakan, tim pengawas hewan kurban tersebut telah diberikan sosialisasi. Ini terutama dalam penanganan dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Jadi kita telah keluarkan SE (Surat Edaran). Sudah kita berikan ke selurah masjid dan kelurahan terkait penyelenggaraan kurban,” terangnya.

Ia menjelaskan, tim pengawas tersebut akan bertugas untuk mengawasi di 373 masjid di Kota Metro. Mereka akan bertugas mengawasi hewan kurban mulai dari H-3 hari raya Idul Adha.

“Jadi nanti H-3 mereka akan turun ke masjid-masjid untuk mengawasi hewan kurban. Mereka melihat dan mengecek kesehatan fisik sebelum dan sesudah dipotong,” terangnya.

Sementara itu ditanya mengenai ada penambahan kasus PMK, Heri mengaku hingga kini belum ada tambahan kasus PMK. Meski demikian ada beberapa hewan yang diduga terpapar PMK. “Kemarin ada suspeck (dugaan) di Metro Pusat. Tapi kita telah lakukan pemeriksaan, dan masih menunggu hasilnya keluar,” ujarnya.

Senada diungkapkan Kabid Peternakan DKP3 kota Metro, Lina Oktira. Ia menjelaskan, pihaknya akan menerjunkan 83 orang tim pengawas pada pelaksanaan kurban tahun ini. “Jadi, besok mereka akan langsung masjid yang ada di Metro. Untuk lakukan pengawasan,” imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, untuk vaksinasi pihaknya telah memberikan ke 500 hewan ternak yang ada di Kota Metro. Namun, karena stok yang terbatas vaksinasi masih difokuskan pada hewan ternak sapi perah dan hewan ternak yang berada di perbatasan daerah yang sudah terkena PMK.

“Jadi dari total hewan ternak kita masih kurang banyak dan sudah kita ajukan. Sekarang masih menunggu keputusan pusat,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button