NEWS

Armada Sampah Terbatas, DLH Baru Penuhi 25 Persen Warga Metro

RADARMETRO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro mengakui jumlah armada yang tersedia di dinas setempat belum mampu mengangkut seluruh sampah di Bumi Sai Wawai. Pasalnya, armada sampah yang tersedia saat ini hanya mampu mengangkut 25 persen sampah rumah warga Metro.

“Pelanggan kita saat ini ada 3.800 rumah. Sedangkan rumah yang ada saja lebih kurang ada 52 ribu rumah. Jadi memang belum bisa mengakomodir semua,” terang Sekretaris DLH Kota Metro, Yerri Noer Kartiko dikonfirmasi awak media, Selasa (18/1/2022).

Ia menjelaskan, untuk jumlah armada yang tersedia saat ini juga terbatas misalnya bentor hanya ada 16 unit. Namun dari jumlah tersebut 5 diantaranya rusak. Kemudian untuk amrol yang digunakan untuk menarik kontainer ada 6 unit. Lalu untuk dumtruck ada 22 unit, tapi beberapa ada yang rusak.

“Untuk bentor masih ada tambahan dari bantuan CSR dan sokli untuk mengangkut sampah. Tapi memang ini belum dapat memenuhi untuk semua sampah yang ada,” jelasnya.

Diakuinya, selain keterbatasan armada sampah, personel pengakut sampah tersebut juga terbatas. Kondisi tersebut membuat sistem sif.pagi dan sore belum dapat dilakukan. “Jadi untuk sementara ini memang pagi saja. Nah untuk sore belum bisa karena kita masih kurang personel,” terangnya.

Menurutnya, selain memang diperlukan adanya fasilitas armada pembuangan sampah, juga diperlukan peran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik. Ini seperti dengan memisahkan sampah organik dan non organik.

“Nah sekarang ini bagaimana kita dapat melakukan pemberdayaan masyarakat. Bagaimana mewujudkan retribusi dan sampah itu selesai di kelurahan. Duitnya buat kelurahan dan operasionalnya dilakukan kelurahan. Jadi dilakukan sistem daur ulang sampah,” paparnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button