NEWS

Antusias Mahasiswa UM Metro Tak Terbendung Saat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

RADARMETRO.ID – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menggelar pelatihan Jurnalistik Berita dan Televisi. Narasumber dicecar pertanyaan terus menerus dari peserta yang ingin tahu sedalam-dalamnya profesi penulis berita, Senin (27/6/2022).

Berdasarkan pantauan radarmetro.id, kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula UM Metro itu, melibatkan puluhan mahasiswa dari 20 program studi (Prodi), Strata 1 (S1), dan Diploma 3 (D3) kampus UM Metro.

Menurut ketua pelaksana pelatihan jurnalistik UM Metro Fenny Thresia, lontaran pertanyaan terus menerus kepada narasumber itu sangat wajar. Besarnya antusias peserta lantaran ilmu jurnalistik tidak semua mahasiswa dapatkan di kelas.

“Pesertanya adalah mahasiswa yang terdiri dari 20 jurusan mahasiswa S1 dan D3, jumlahnya 40 orang tadi, satu jurusan dibatasi 2 orang,” ujarnya kepada radarmerro.id.

Menurut Fenny, minimnya mahasiswa UM Metro yang menyukai dunia menulis, dengan adanya kegiatan Pelatihan Jurnalistik Berita dan Televisi, diharapkan dapat meningkatkan penulisan mahasiswa yang nantinya akan berdampak dengan publikasi kegiatan yang masif.

“Karena kegiatan banyak sekali di program studi, hanya publikasi sangat minim lantaran mereka tidak sadar pentingnya publikasi, mereka ada kegiatan tapi tidak ada publikasi,” ungkapnya.

Selain itu, pelatihan tersebut juga sebagai sarana menggali potensi mahasiswa yang tertarik mendalami profesi jurnalis, baik cetak, digital, maupun televisi.

“Kehadiran mereka untuk mengikuti kegiatan tadi adalah untuk membuat mereka menjadi jurnalis-jurnalis muda, dalam rangka memuat kegiatan dosennya di program studi mereka ataupun kegiatan kemahasiswaan di himpunan mahasiswa program studi (HMPS),” tambah Fenny.

Lebih lanjut, kata Fenny, untuk membangkitkan minat mahasiswa di dunia pemberitaan, UM Metro sengaja mengundang narasumber yang memiliki kemampuan di bidangnya jurnalistik. Diantaranya, Hermansyah selaku pimpinan redaksi Radar Metro, dan Aldi selaku direktur pemberitaan Televisi Muhammadiyah (TV MU).

Selain itu juga, wawasan terkait dunia jurnalistik turut disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) IV UM Metro M Ikhsan Dacholfany.

“Terdiri dari empat sesi, yang pertama diisi oleh WR IV tentang sekilas informasi jurnalistik, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu bagaimana menulis berita di televisi khususnya yang ada di TV MU, kemudian di tahap ketiga bagaimana menulis berita yang menarik dari kacamata Radar Metro yang langsung pimpinan redaksinya sebagai narasumber,” bebernya.

Para peserta juga diberikan kesempatan menulis pemberitaan, dengan bekal kasus dari panitia. Menurut Fenny, berkat adanya pelatihan yang memiliki rangkaian agenda seperti itu, para peserta memiliki bekal untuk menekuni dunia jurnalistik kedepannya.

“Yang terakhir itu kita adakan coaching clinic, dan tentunya kita nilai,” tukasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button