NEWS

Antisipasi Pelanggaran Hukum, Kejati Ingatkan Pemkot Metro Hati-Hati

RADARMETRO.ID – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung mengingatkan Pemerintah Kota Metro untuk berhati-hati dalam merealisasikan anggaran. Karenanya melalui Kejaksaan Negeri (Kejari) Metro akan memberikan pendampingan hukum.

“Kegiatan prefentif untuk menghindari terjadinya tindak pidana korupsi yang tidak kita harapkan. Karena tindak pidana korupsi itu bisa terjadi karena ketidaktahuan tentang sesuatu yang harus dikerjakan, sehingga yang tidak tahu itu bisa menimbulkan suatu akibat hukum,” ujar Wakil Kajati Lampung, Asnawi, dikonfirmasi awak media usai mengikuti rapat koordinasi mengenai penyelesaian permasalahan hukum secara preventif dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Metro, di Aula Pemerintah Kota Metro, Senin (13/6/2022).

Ia mengatakan, langkah pencegahan dilakukan dengan melakukan sinergi antara Pemkot Metro dengan Kejaksaan Negeri. Ini untuk bahu membahu bagaimana melakukan suatu kegiatan yang dapat meminimalkan terjadi suatu tindakan korupsi dengan cara ada kerjasama.

“Karena kami punya tupoksi di bidang danhum (pendampingan hukum) untuk bisa mendampingi setiap kegiatan-kegiatan. Sehingga dengan ada pendampingan dari kami diharapkan bisa meminimalkan suatu tindakan yang tidak diinginkan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk saling mengingatkan mengenai antisipasi pelanggaran hukum. Contohnya seperti mana saja yang tidak dan boleh dilakukan.

“Kita saling warning (mengingatkan) sama-sama. Berikan warning bahwa hati-hati di bidang ini. Sehingga antara kejaksaan dan pemerintah daerah saling mengingatkan, kejaksaan juga hadir bersama pemerintah daerah mungkin bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi mengatakan, menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, proses pendampingan itu penting sekali. Kemudian pencegahan, karena proyeksinya pencegahan.

“Jadi kita sudah ada kerjasama dengan Kejari Metro dalam hal ini Pemerintah Kota Metro. Harapannya kita semua yang memang harus dilakukan pendampingan, dan itu penting sekali. Jangan sampai hal-hal yang seperti kemarin terulang kembali,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button