NEWS

Antisipasi Pasien Covid-19 dan DBD Melonjak, RSUAY Tambah 250 Kamar Tidur

RADARMETRO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani (RSUAY) Kota Metro kembali menambah kamar tidur bagi pasien. Penambahan kamar tidur tersebut dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 maupun DBD.

“Kita siapkan dua lantai. Karena saat ini kan lagi musim DBD dan juga tren pasien Covid-19 yang tengah naik. Total ada 250 tempat tidur,” terang Direktur RSUD Ahmad Yani Metro, dr. Fitri Agustina, Jumat (11/2/2022).

Ia mengatakan, ruangan untuk pasien Covid-19 dan DBD tersebut berada di lantai II dan III Gedung VIP dengan perawatan kelas I. Namun tetap ruangannya terpisah antara pasien DBD dan Covid-19.

Selain menyiapkan tambahan kamar tidur, kata Fitri, rumah sakit juga menyediakan ruang di Instalasi Gawat Darurat (IGD) jika ruangan yang disediakan penuh. “Di IGD kita ada tempat tidur ekstra juga. Jadi sewaktu-waktu ada lonjakan, kita bisa fungsikan tempat tidur tersebut,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini RSUAY masih menyiagakan satu ruangan isolasi khusus pasien Covid-19. Jumlahnya ada sebanyak 18 tempat tidur untuk isolasi pasien COVID-19. “Satu ruangan itu ada 18 tempat tidur lengkap dengan sarana dan prasarananya. Di satu ruangan itu ada 15 perawat yang berjaga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk jumlah pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi di RSUAY sebanyak enam pasien. Dari jumlah terbagi 2 yakni pasien dirawat di ruang isolasi IGD dan ruang isolasi B. “Pasien itu empat di dirawat di IGD, sedangkan sisanya di ruang isolasi B,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button