NEWS

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, 70 Personil Dishub Siap Diterjunkan

RADARMETRO.ID – Sebanyak 70 personil Dinas Perhubungan (Dishub) siap diterjunkan pada mudik hari raya Idul Fitri mendatang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik pada Idul Fitri mendatang.

“Kita ada 70 dari 100 personil khusus untuk penanganan mudik. Nah bilamana nanti kondisinya kurang, kita akan terjunkan semua,” terang Kepala Dishub Kota Metro, I Gede Made Suwanda, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya, langkah antisipasi dilakukan mengingat mudik tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terlebih Kementerian Perhubungan juga telah memberikan fasilitas musik gratis.

“Mudik tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana pada 2020 dilarang mudik dan di 2021 juga tidak dibolehkan. Nah, di tahun ini mudik sudah diperbolehkan. Makanya kita lakukan langkah antisipasi. Apalagi Kementerian Perhubungan sudah membuka layanan mudik gratis bagi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, langkah antisipasi dilakukan dengan melakukan pengamanan arus lalu lintas menjelang arus mudik lebaran. Ini terutama di pintu masuk dan keluar Kota Metro.

“Pengamanan kita lakukan terutama pada pintu keluar dan pintu masuk di Kota Metro. Polanya nanti kami akan melakukan mobilisasi dan personil kami di beberapa pintu masuk Kota Metro,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada supir, pemilik dan PO bus yang beroperasi di Bumi Sai Wawai. Ini terutama untuk mengecek kendaraan maupun surat menyuratnya.

“Untuk PO Bus kita sudah lakukan lewat pengujian kendaraan bermotor (PKB), sudah banyak dari bus yang sudah melakukan uji KIR. Kami menekankan kepada supir bahwa kendaraan harus hadir dalam pengujian. Jika kendaraan itu tidak hadir, maka akan kami tolak pengajuan KIR-nya. Itu antisipasi kita supaya kondisi mobil benar-benar baik,” paparnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button