NEWS

Antisipasi Gangguan Keamanan, Pemkot Metro Optimalkan Peran FKDM

RADARMETRO.ID – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Metro diharapkan mampu membantu meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Ini terutama dilakukan mengantisipasi gangguan keamanan.

“Sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk melindungi masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban. Selain itu juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta kerukunan nasional saat ini menghadapi tantangan yang makin berat. Salah satu upayanya adalah melalui pembentukan FKDMW,” ujar Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah serta FKDM di Aula Pemerintah Kota Metro, Selasa (19/04/2022).

Qomaru mengatakan, dengan adanya FKDM tersebut maka diharapkan, data dan informasi yang ada di masyarakat dapat diinformasikan kepada aparat yang membidangi untuk dicarikan solusinya. “Sehingga ketika terjadi suatu permasalahan tidak sampai meletup sehingga penanganannya lebih mudah,” ujarnya.

Menurutnya, rakor tersebut juga digelar untuk melahirkan percepatan dan akurasi informasi demi terlaksananya program Pemerintah Kota Metro. Adapun upaya untuk menumbuhkan peran serta masyarakat, agar berpartisipasi menjaga keamanan, ketertiban, juga persatuan dan kesatuan bangsa serta kerukunan nasional perlu terus didorong.

“Untuk lebih meningkatkan koordinasi, sinergi dengan pemerintah dan aparat terkait, maka diundang juga Kapolres dan Dandim. Ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kerja sama dan koordinasi mengingat keduanya merupakan mitra kerja di lapangan,” tambahnya.

Qomaru berharap, dengan adanya FKDM dapat membantu dalam meningkatkan Kamtibmas. “FKDM nantinya sangat diperlukan dalam membantu, menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Isu-isu yang berkembang yang dapat menjadi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dapat segera diantisipasi,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button