NEWS

Anak 6-11 Tahun Bisa Divaksin Covid-19, Dinkes Target 13.000 Jiwa

RADARMETRO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak. Kali ini vaksinasi akan dilakukan bagi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun.

“Iya sudah mulai sejak 19 Desember. Aturan Kemenkes sudah ada, nomor 6688 tentang vaksinasi bagi anak umur 6-11 tahun. Vaksin anak ini sudah kita mulai sejak 19 Desember lalu,” terang Kepala Dinkes Kota Metro, drg. Erla Andrianti, Selasa (21/12/2021).

Menurutnya, vaksin anak dapat dilakukan di gerai-gerai vaksin Kota Metro. Namun untuk kedepan pihaknya juga akan menggandeng sekolah-sekolah dalam melaksanakan vaksinasi.

“Jenis vaksin yang diberikan vaksin jenis Sinovac. Untuk dosisnya 0,5 ml sekali suntik. Vaksin juga akan dilakukan 2 kali suntik dengan jarak waktu penyuntikan minimal 28 hari atau 4 minggu. Sebelum divaksin nanti anak juga akan diperiksa dulu oleh tim dokter. Namun sama dengan vaksin dewasa bagi anak yang memiliki penyakit kronis agar konsultasi dulu ke dokter yang merawatnya,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain menggandeng sekolah-sekolah vaksinasi bagi anak tersebut rencana juga akan dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak. Ini seperti Kodim 0411 Lamteng yang sudah siap melaksanakan vaksinasi bagi anak.

“Nanti kedepan juga akan kita jadwalkan ke sekolah-sekolah. Untuk vaksin anak ini akan dilakukan dengan persetujuan orang tua. Namun bagi orang tua yang ingin anaknya segera divaksin juga bisa langsung datang ke gerai-gerai vaksin yang ada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak tersebut ditargetkan akan dilakukan bagi 13.000 anak. Ini dilakukan sesuai dengan ketentuan bahwa vaksinasi telah mencapai lebih dari 70 persen dan bagi lansia lebih dari 60 persen. “Nah kita sudah memenuhi itu. Jadi vaksin anak bisa dilakukan,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button