NEWS

Agro Wisata Pertanian Karangrejo Si Penyuplai Sayuran se-Lampung

RADARMETRO.ID – Sawi (pakcoy), selada, kemangi, bayam, kangkung, dan caisin dari Agro Wisata Pertanian Karangrejo, Meto Utara sanggup memenuhi permintaan pasar sayuran berbagai daerah di Lampung, Kamis (6/1/2022).

Kota Metro yang sudah mulai sesak bangunan permanen menyisakan orang-orang yang masih berprofesi sebagai petani sebagai mata pencaharian. Satu-satunya penghasil sayuran pakcoy, selada, kemangi, bayam, dan caisin dalam jumlah besar berada di daerah Karangrejo, Metro Utara.

Salah satu petani yang juga sebagai pengepul sayuran tersebut, Sukatno (55) yang memiliki luas lahan 1.200 meter persegi mengakui bahwa ia sudah menyuplai berbagai pasar untuk kebutuhan sayur mayur. Dengan ide awal pemasaran yang terfokus di Metro, kini berkembang merambah sampai Bandarlampung, Lampung Timur, Bandarjaya, dan juga pasar sayur Kotabumi.

“Dulu kita menyuplai Pasar Metro, terus berkembang karena kita makin banyak lahan dan petani sayur di sini maka sudah banyak pasar yang tiap hari kita suplai sayuran dari sini,” ungkapnya.

Dalam memenuhi permintaan pasar yang setiap harinya membutuhkan sayur, Katno mengajak orang-orang yang berada di sekitar rumahnya untuk sama-sama bercocok tanam sayuran. Sampai saat ini terdapat 50 kepala keluarga yang bergabung untuk menjadikan sentral pertanian khususnya sayur mayur.

“Dulu pernah mengalami kesusahan barang, terus saya ajak para petani dan pemuda-pemuda sekitar ini dan saya ajarkan menanam sayuran, lama kelamaan mereka banyak yang bergabung. Sekarang sudah sampai 50 KK yang terlibat,” ungkapnya.

Area pertanian tersebut juga pernah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro untuk penyediaan lahan. Tetapi dengan kerjasama yang dirasa tidak menguntungkan pihak instansi, akhirnya UM Metro memutus kerjasama.

“Dulu ada binaan dan bantuan juga dari UM Metro, karena saya kan alumni sana juga. Sudah membantu lahan satu hektare, tapi mungkin kurang menguntungkan ya untuk mereka makanya putus kerjasama, jadi sekarang sudah pribadi,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button