NEWS

50 Persen BSS Disalurkan, 3.193 KPM Terima Bantuan Rp600 Ribu

RADARMETRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan Bantuan Sosial Sembako (BSS) tahap I kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Bumi Sai Wawai. Bantuan ini merupakan peralihan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang semula disalurkan lewat BRI.

“Yang di Kantor Post itu bantuan sosial sembako (BSS) dari peralihan BPNT. Jadi sekarang langsung tunai di Kantor Post gak lagi lewat BRI. Ini sesuai surat Kemensos RI,” terang Kepala Disos Kota Metro, Rachmat Zainuddin, Rabu (23/2/2022).

Ia mengatakan, untuk tahap pertama bantuan diberikan kepada 3.193 KPM. Menurutnya, bila merujuk dengan jumlah data tahun lalu total KPM sebanyak 6.400 lebih. Karenanya pada penyaluran bantuan tersebut baru mencapai sekitar 50 persen.

“Nah untuk penyalurannya masing-masing KPM ini menerima Rp.200 ribu. Jadi kalau 3 bulan masing-masing KPM ini menerima Rp.600 ribu,” jelasnya.

Diakuinya, meski penyaluran bantuan kali ini dilakukan langsung melalui Kantor Post, namun masing-masing KPM tetap diarahkan untuk membelanjakan produknya ke E-Warung. Terlebih ini sebagai upaya dalam pemberdayaan E-Warung.

“Memang sekarang langsung tunai, tapi tetap kita arahkan pembeliannya itu kalau bisa di E-Warung, karena itu kan proses pemberdayaan. Apalagi yang punya E-Warung ini juga kan KPM itu sendiri,” paparnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19 saat ini pihaknya membagi proses penyaluran per kelurahan. Yakni masing-masing kelurahan dijadwalkan sesuai dengan waktu yang ditentukan. “Jadi tugas kita hanya membantu proses kelancaran penyalurannya. Dan itu kita atur pembagiannya mengingat saat ini kan sedang pandemi Covid-19,” paparnya.

Diakuinya, selama 2 hari proses pembagian masih berjalan lancar. Pihaknya juga menjadwalkan masing-masing kelurahan dalam penyaluran bantuan tersebut. Sehingga tidak terjadi kerumunan lantaran saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kalau untuk sementara ini kemarin baru 10 KPM dari Kelurahan Metro yang belum mengambil. Nanti biasanya oleh Kantor Post yang tidak bisa mengambil, biasanya KPM sudah tua atau sedang sakit oleh Kantor Post langsung diantarkan,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button