NEWS

4 Puskesmas di Metro Jadi Proyek Percontohan Layanan WASH in HCF

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro menetapkan 4 puskesmas di Bumi Sai Wawai menjadi pilot project (Proyek Percontohan) dalam peningkatan fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan di Puskesmas atau Water, Sanitation and Higiene (WASH) in Health Care Facilities (HCF). Keempat puskesmas yang menjadi percontohan tersebut diantaranya Puskesmas Iringmulyo, Margorejo, Banjarsari, dan Mulyojati.

Walikota Metro Wahdi mengatakan, program WASH in HCF merupakan pilot projek pertama di Indonesia, yang akan dijalankan di Provinsi Lampung, yakni Kota Bandarlampung dan Kota Metro. Untuk saat ini di Kota Metro penyediaan layanan WASH di fasilitas kesehatan sudah di jalankan oleh 4 Puskesmas.

“Jangan menyebut fasilitas pelayanan kesehatan, jika tidak tersedia air sanitasi dan kebersihan. WASH sangat penting untuk melindungi kesehatan manusia selama wabah penyakit menular seperti Covid-19, diare dan lainnya. Penyediaan WASH tentunya juga harus dapat diakses oleh siapapun di seluruh fasilitas kesehatan,” ungkap Wahdi dalam Workshop Desiminasi Hasil Audit Sosial dan Identifikasi Upaya Peningkatan Kualitas dan Fasilitas Air, Sanitasi dan Kebersihan WASH melalui Layanan Puskesmas Inklusif di Aidia Grande Hotel Kota Metro, Jumat (8/4/2022).

Karenanya Wahdi meminta masyarakat dan seluruh pihak, bisa bersama-sama berkontribusi, berkomitmen dalam memanfaatkan, mengelola fasilitas air sanitasi dan kebersihanan di pusat pelayanan kesehatan dengan bijak.

“Sehingga kebersihan dan keberadaanya akan terus terjaga. Karena peningkatan layanan kesehatan merupakan salah satu misi utama program Pemerintahan Kota Metro,” katanya.

Diakuinya, dalam menginternalisasi pengelolaan fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan yang nyaman, aman, dan berkelanjutan, ke dalam rencana kegiatan Puskesmas dan Pemda. Serta meningkatnya partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan fasilitas air, sanitasi dan kebersihan di Puskesmas.

“Target yang akan dicapai adalah meningkatnya partisipasi publik dalam upaya peningkatan fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan di Puskesmas, melalui forum multi stakeholder. Meningkatnya partisipasi jurnalisme dalam peningkatan layanan air, sanitasi dan kebersihan di Puskesmas,” tutupnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button