NEWS

346 Narapidana Mendapatkan Remisi, Tiga di Antaranya Langsung Bebas

RADARMETRO.ID – Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) IIA Kota Metro, Muchamad Mulyana serahkan Surat Keputusan (SK) Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/ 2022 Masehi kepada 346 Narapidana yang menjalani masa tahanan. Tiga orang di antaranya langsung dibebas, Senin (2/5/2022).

Narapidana tersebut sebelumnya telah diusulkan untuk memperoleh remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) bagi mereka yang memenuhi beberapa persyaratan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Permenkumham RI) Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat serta Permenkumham RI Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Permenkumham Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

“Berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh remisi tersebut diataranya ialah, berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir yang terhitung sebelum tanggal pemberian remisi, dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dengan predikat baik,” ujar Kalapas.

Lebih lanjut, Mulyana menyampaikan bahwa tiga Narapidana yang langsung dibebaskan selepas pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah berdasarkan pada sisa masa pidana yang selanjutnya dikurangi jumlah perolehan remisi. Sehingga jika saat penyerahan SK remisi sisa masa pidanya sudah habis, maka Narapidana tersebut bisa langsung bebas.

“Narapidana yang bebas hari ini berdasarkan pengurangan masa pidanan dengan perolehan remisi. Sehingga masa pidananya sudah habis dan bisa langsung bebas,” tambahnya.

Mulyana juga berharap remisi khusus yang diberikan dapat bermanfaat, dan memberikan motivasi kepada Narapidana untuk tetap berprilaku baik dan mematuhi segala tata tertib yang berlaku di dalam Lapas Metro.

“Tidak menutup kemungkinan bahwa remisi akan diberikan kembali kepada mereka diwaktu yang akan datang. Sebagai motivasi para Narapidana untuk selalu berkelakuan baik dan mematuhi tata tertib Lapas,” tutupnya

Perolehan besaran remisi sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: PAS-609.PK.05.04 Tahun 2022 Tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1443 H Tahun 2022. RK I diberikan kepada Narapidana kasus Kriminal sebanyak 258 orang, RK II diberikan kepada Narapidana kasus Kriminal (langsung bebas) sebanyak 3 orang, RK PP 99 diberikan kepada Narapidana kasus Narkoba sebanyak 83 orang, RK PP 99 kasus Korupsi sebanyak 1 orang dan RK PP 99 diberikan kepada Narapidana kasus Teroris sebanyak 1 orang dengan jumlah perolehan remisi bervariasi dari 15 hari sampai dengan 2 bulan.

Untuk diketahui, bahwa remisi adalah pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada Narapidana dan Anak yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, sedangkan remisi khusus diberikan pada saat hari besar Keagamaan yang dianut oleh Narapidana atau Anak yang bersangkutan, dengan ketentuan jika suatu agama mempunyai lebih dari satu hari besar keagamaan dalam setahun, maka yang dipilih adalah hari besar yang paling dimuliakan oleh penganut agama yang bersangkutan. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button