NEWS

223 Pejabat Struktural Metro Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

RADARMETRO.ID – Sebanyak 223 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Metro dilantik menjadi pejabat fungsional. Pelantikan dilakukan langsung oleh Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo di Aula Pemerintah setempat, Senin (3/10/2022).

Dikonfirmasi awak media, Bangkit menjelaskan, pelantikan jabatan dilakukan tersebut sebagai penyetaraan dan penyederhanaan birokrasi. Menurutnya, dari pelantikan tersebut terdapat 223 pegawai yang dilantik.

“Yang kita lantik jabatan fungsional. Dengan rincian 41 orang perubahan nomenklatur fungsional penyetaraan,
76 orang kenaikan jenjang jabatan fungsional, 97 orang pengangkatan pertama jabatan fungsional, dan 9 orang pengangkatan kembali jabatan fungsional. Jumlahnya 223 orang yang tersebar di seluruh OPD di Kota Metro,” jelasnya.

Menurutnya, sejumlah pejabat yang dilantik tersebut tetap menduduki di masing-masing dinas. Pelantikan tersebut dilakukan sebagai perubahan nomenklatur pemerintah.

“Sebetulnya mereka tetap di dinasnya masing-masing, hanya nomenklaturnya berubah. Ada yang disetarakan. Karena sekarang esselon IV sudah tidak ada lagi, diganti menjadi jabatan fungsional. Jadi sekarang mempunyai namanya masing-masing. Ada analis kebijakan, ada analis keuangan dan semua ada di masing-masing OPD,” paparnya.

Diketahui, pelantikan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional dilakukan berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021, tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Kemudian Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi. Kemudian Surat Mendagri No 800/8309/OTDA tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Pelantikan dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Yakni dengan melakukan penyederhanaan birokrasi, yang tadinya proses dari 3 tingkat (Eselon II, III dan IV) kini menjadi 2 tingkat (Eselon II dan III) saja. Dengan adanya penyederhanaan birokrasi ini, kita berharap nantinya kinerja para ASN akan lebih baik lagi.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button